Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Kamis, 24 Oktober 2019

PROSEDUR PEMERIKSAAN ANC TERPADU IBU HAMIL DI PUSKESMAS


Walaupun sekarang sedang hamil kedua, saya benar-benar tabu dengan apa itu ANC Terpadu, taunya ya periksa-periksa ga tau kalo itu namanya ANC terpaduu hahaha
Dulu waktu hamil pertama saya cek darah dll diusia kandungan kurang lebih 7 bulan, dan saya melakukan pemeriksaan tersebut di Puskesmas kecamatan saya

Sekarang saya hamil anak kedua dengan usia kandungan 4 bulan di sekolahan saya ada Posbindu untuk guru karyawan di sekolah, saya ditanya usia kandungan dan ditanya apakah sudah ANC, saya jawab ANC itu apa buu, dan mendengar jawaban saya seolah sana kaget dan seperti marah

ANC Terpadu di Puskesmas (sumber : pixabay.com)


Sudah 4 bulan belum ANC ???

BPJS nya nginduk dimana, besok segera ke puskesmas yaa
Aku Tanya lagi deeh
ANC apa sih buu à pemeriksaan lengkap ibu hamil dari tes darah urin dll, supaya ibu hamil benar-benar bebas penyakit, dan seharusnya di lakukan sebelum trisemester 2
Dulu saya periksa-periksa seperti ini waktu hamil 7 bulan buu
Iya sekarang aturan terbaru harus di trisemester 1
Oooo ya maap bener2 ga tauuu, bu bidanku juga ga bilang hehehe

Sejak itu yakinn deh saya jadi kepikiraan dan kepengen segera ANC

Di puskesmas rumah repot kudu ijin sekolah sehari, antriinya sama dllnya pun sama, akhirnya kuputuskan untuk ke puskesmas dekat sekolahan saja
Suatu hari iseng ke puskesmas dan ternyataaaa antriannya masyaallah bangeeet, datang jam 9 datang no antrian 100 sekiaaan dan saat itu baru 30an…akhirnya setelah bertahan menunggu 10 antrian, saya balik kanan tidak kuat…lapaaaar dan tidak persiapan , pulang ke sekolahan lagi jadinya hehehehe
Yang kedua saya sudah niat dan mengambil antrian dari pagii di bantu teman yang rumannya deket puskesmas, dapat antrian no 4 alhamdulillah

Mau berangkat ke puskesmas persediaan makanan kaya mau plesir kemana gituuu..hahahah,,segala makanan dibawa, susu,arem-arem,cemilan-cemilan takut kelaparan si bumil

Langkah-langkah ANC di Puskesmas yang saya datangi
  1. Ambil antrian à yang antri sejak subuh banyak , tapi tetep pengambilan no dimulai pukul 7 pagi,,ya begitulaaah
  2. Menunggu panggilan sesuai no antrian yang sudah di ambil di loket pendaftaran
  3. Utarakan tujuan/keperluan datang ke puskesmas, bilang kalo mau periksa ANC ibu hamil
  4. Petugas akan mengarahkan ke ruang KIA untuk ANC à antri lagi di depan ruang KIA
  5. Masuk ruang KIA ditanya buku pink dan aku ga bawa hehe, ditanya identitas segala macam, tensi,BB,TB,ya umumnya pemeriksaan ibu hamil, diberi surat untuk ke bagian laboratoriumàantri lagi di bagian laboratorium
  6. Masuk ruang lab, di ambil darahnya dan disuruh pipis urinenya di cek lab
  7. Antri hasil lab
  8. Yang di cek : HB, Gula darah, hebatitis, HIV, sipilis . sepertinya hanya lima ini
  9. Hasil lab jadi kembali ke KIA
  10. Imunisasi TT
  11. Antri vitamin à selesaiii

Total biaya 80 K untuk cek lab, dan 10 K untuk pendaftaran
Hasil : alhamdulilah baik




Tidak ada komentar:

Posting Komentar