Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 28 Agustus 2022

Kelas Berbenah Sadis Intermediate

Berbenah waktu dan uang?

Setelah 21 hari mengisi gelas kosong dari KBSE, setelah 21 hari berjuang mengerjakan tugas-tugasnya, setelah 21 hari menahan perih, mual ingin segera usai cobaan KBSE ini.

Lho kok malah ikut KBSI ?

✅ Kesadisan KBS ternyata bikin kangen
✅Mentor-mentornya juga ngangenin
✅Setelah belajar berbenah barang, hasrat belajar berbenah yang lain meronta-ronta
✅Belajar pola pikir tentang uang dan waktu

Supaya tidak lagi bertanya-tanya,haah udah sore aja ya? Haaah udah jam segini? Haaah uangku kemana aja ya? dan haah haah yang lain

Kapan ngerjain tugasnya? Tenang masih ada malam yang panjaang


Apa sih KBSI itu ? 
KBSI adalah salah satu kelas di KBS, ada 4 level dalam KBS dan jika mengikuti levelnya harus urut dan dimulai dari KBSE
Penjabaran tingkatan dalam KBS
1. KBSE ( Kelas Berbenah Sadis Elemetary) -- berbenah barang
2. KBSI (Kelas Berbenah Sadis Intermediate) -- berbenah waktu dan uang
3. KBSA (Kelas Berbenah Sadis Advance) -- berbenah hati dan pikiran
4. KBSU (Kelas Berbenah Sadis Ultimate) -- berbenah otak

Bagaimana model kelasnya ?
Model kelasnya persis seperti KBSE
Pembelajaran lewat WAG dan zoom, pemberian materi berupa voice note dari mentor, ada grup khusus memberi materi dan ada grup khusus untuk diskusi.

Jam pelaksanaan kelas bagaimana ?
Ada 3 pembagian waktu pembelajaran
1. Materi
2. Pertanyaan
3. Diskusi

Waktunya ?
Untuk waktu setiap kelas punya aturan yang berbeda, pengalaman saya mengikuti KBSE dan KBSI ketiganya mempunyai waktu yang berbeda, tetapi yang jelas ketika saya memutuskan ikut kelas ini, pertama yang saya lihat adalah jam BELAJAR&MENGERJAKAN TUGAS tidak mengganggu jam kerja saya sebagai ibu bekerja, dan alhamdulillah saya bisa lulus KBSE dan KBSI, yang tentunya tidak semudah menulis artikel KBSI ini di blog, butuh perjuangan dan pengorbanan.

Apa saja perjuangan dalam KBSI ?
Saya sebagai alumni yang dulu banyak mikir ketika mau ikut kelas ini, bahkan mikirnya sampai bertahun-tahun, takut ganggu jam kerja, takut tidak bisa mengerjakan tugas dan takut ga lulus, lho ga lulus? iya kelas ini menerapkan sistem lulus tidak lulus, walaupun kamu sudah membayar, jadi sayang banget kan kalau sampai tidak lulus.

KBSI adalah kelas kedua, jadi sudah ada pengalaman, sudah tahu jalannya kelas, jenis tugas-tugasnya, pemberian materinya dan pengaturan waktu mengerjakan tugas.
Menurut saya KBSI lebih bisa saya kuasai dari pada KBSE kemarin
mengapa ?

KBSE adalah berbenah barang, selain butuh mikir juga butuh tenaga untuk berbenah, jika sendirian dan tidak ada yang membantu woow, benar-benar kuwalahan kalo saya, secara saya tinggal di rumah dengan seabreg barang punya orang tua, sudah tahu kan barang-barang orang dulu bagaimana banyaknya?dari gerabah-gerabah, baju-baju, dan banyak lainnya.

1. Keluarkan semua barang entah itu lemari, gudang, ruangan
2. Pilah mana yang akan disimpan, dibuang, dijual atau diberikan ke orang lain, dengan jumlah yang disisakan sesuai teori dari KBS, waooow, kalo saya sih disisakan sesuai kebutuhan saya, sebagai peserta KBS yang belum bisa sadis
3. Dicatat di buku jumlah-jumlahnya perkategori
4. Dicatat dalam format tugas untuk disetorkan ke PJ kelas

Sedangkan di KBSI kita hanya perlu mikir saja untuk mengerjakan tugas, tanpa perlu mengeluarkan energi berbenah barang, tapi mikirnya memang lebih wow dibanding KBSE, KBSE tidak perlu mikir hanya menghitung jumlah barang saja.

KBSI lebih belajar terhadap pembiasaan pembiasaan baik dalam hidup yang tentunya akan banyak bermanfaat untuk kita.
Contoh beberapa pembiasaan baik dalam KBSI, mencatat kegiatan apa saja yang sudah dilakukan dalam waktu 24 jam dan memcatat setiap uang yang masuk dan keluar berapapun jumlahnya.
Pengumpulan tugas KBSI pukul 15.30 - 19.00, pukul 15.30 adalah jam pulang saya bekerja, saya usahakan sebelum pulang saya harus sudah mengerjakan tugas, di rumah saya pasti tidak bisa mengerjakan tugas, selama 21 hari alhamdulillah saya bisa mengumpulkan tugas tepat waktu, dan mungkin karena ini saya menjadi peserta terbaik 1.


Tips-tips mengerjakan tugas dari saya 
1. Buat grup wa yang isinya hanya kita sendiri, grup ini isinya nanti untuk menyimpan draf tugas KBS, walaupun belum selesai.
2. Manfaatkan waktu seberapapun itu, bisa menyicil mengerjakan tugas dan di simpan di grup sendiri tadi, walaupun hanya bisa mendapat 1 point
3. Saya full mengerjakan tugas lewat hp, tanpa laptop sehingga bisa dicicil di manapun
4. Perhatikan format tugas
5. Usahakan ketikan jelas dan mudah dibaca, ibaratkan kita yang membaca kan jadi suka jika tulisannya rapih
6. Mengumpulkan tugas di awal
7. Tugas siap kapanpun, jadi ketika jam pengumpulan tugas tinggal kirim saja
8. Kerjakan sesuai kenyataan tanpa mengada-ada jadi lebih mudah mikirnya
9. Jangan sungkan bertanya kepada PJ jika ada tugas yang belum jelas, manfaatkan kelas diskusi.
10. Tulis semua materi yang didapat ke dalam buku, ya semuanya, itu yang saya kerjakan sejak ikut KBSE, setidaknya dengan menulis jadi lebih masuk ke otak.

Apapun jenis kelasnya, semuanya mengajarkan saja, selanjutkan terserah kita.
pada dasarnya selesainya kelas adalah titik dimulainya kita menerapkan ilmu yang di dapat, tetapi sebagai manusia biasa yang selalu butuh dorongan, paksaan untuk memulai hal baru yang bermanfaat, sulit, susah, berat banyak cobaan, tapi harus bisa, tanamkan di pikiran kita.

Apa saja yang diajarkan di KBSI ?

Segala yang berkaita dengan waktu bagaimana kita mengelola waktu, membiasakan hal baik , bagaimana mengelola uang, bagaimana memanfaatkan uang yang ada, 

Rugi kah ikut kelas ini ?

oh tentu tidak, jika rugi saya tidak akan ikut kelas ini lagi dan lagi
uang pendaftaran insyaallah tidak seberapa dibanding ilmu yang di dapat
ternyata ikut kelas membuat ketagihan
bismillah bisa selalu berbagi pengalaman

2 komentar: