Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Kamis, 11 April 2013

LKS PRAK GELOMBANG DENGAN TANGKI RIAK

April 11, 2013 0 Comments


PRAKTIKUM GELOMBANG DENGAN TANGKI RIAK


Prosedur Percobaan

Langkah pengambilan data
1. Gelombang lurus
a.       Catu daya dihidupkan (on)
b.      Potensiometer diatur seperlunya sehingga terlihat gelombang permukaan air dengan jelas.
c.       Gambarkan data pengamatan berupa pola gelombang
d.      Catu daya dimatikan

2. Pembiasan gelombang
a.       Kaca pembias diasang di depan pembangkit gelombang (Gb. 6.2)
b.      Tinggi permukaan air diatur pada pembias (± 1 mm di atas permukaan    pembias) dengan cara menambah/mengurangi air pada tangki riak.
c.       Catu daya dihidupkan
d.      Potensiometer diatur kembali sehingga terlihat gelombang permukaan  air dengan jelas.
e.       Gambarkan pola gelombang yang ada.
f.       Catu daya dimatikan

3. Gelombang lurus dengan penghalang bercelah satu
a. Kedua keping penghalang dipasang sehingga terdapat sebuah celah diantara kedua penghalang (celah ± 5 mm) Gb.6.3
b. Catu daya dihidupkan
c. Potensiometer diatur kembali sehingga terlihat gelombang permukaan air dengan jelas.
d. Gambarkan data pengamatan berupa pola gelombang.
e. Ubah-ubah lebar celah sehingga didapatkan pola yang lain.
e.       Gambarkan lagi hasil pengamatan
f.       Kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sehingga didapatkan tiga pola gelombang dari lebar celah yang berbeda.
g.      Catu daya dimatikan.

4. Gelombang lurus dengan penghalang bercelah dua
a. Ketiga keping penghalang dipasang dengan keping pendek terletak di  tengah sedemikian sehingga terdapat dua celah sempit. Usahakan tidak terlalu jauh dari pembangkit gelombang (Gb.6.4)
b. Catu daya dihidupkan
c. Potensiometer diatur kembali sehingga terlihat gelombang permukaan air dengan jelas.
d. Gambarkan pola gelombang yang ada.
e. Catu daya dimatikan

5. Gelombang lurus dengan penghalang membentuk sudut
a.  Penghalang gelombang dipasang sehingga membentuk sudut kira-kira 45o terhadap gelombang datar (Gb.6.5)
b.      Catu daya dihidupkan
c.       Potensiometer diatur kembali sehingga terlihat gelombang permukaan air dengan jelas.
d.      Gambarkan data pengalaman berupa pola gelombang
e.       Catu daya dimatikan





Soal TIK Kelas X Semester 1 dan Kunci Jawaban

April 11, 2013 0 Comments

Soal TIK Kelas X Semester 1 dan Kunci Jawaban

1. Hak eksklusif bagi pencipta atau pemegang hak cipta ubtuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya disebut . . .
a. hak veto
b. hak asasi
c. hak cipta
d. hak milik
e. hak intelektual

2. Yang bukan termasuk undang-undang hak cipta adalah . .
.a. UU No. 6 Th 1982
b. UU No. 7 Th 1997
c. UU No. 12 Th 1997
d. UU No. 8 tH. 1999
e. UU No. 19 Th 2002

3. Di bawah ini termasuk input periferal, kecuali . .
a. keyboard
b. mouse atau beetle
c. scanner
d. kamera digital
e. MIDI

4. Terdapat8 bit dalam 1 byte. Berapakah nilai 1 byte?
a. sejumlah memori yang dibutuhkan untuk menyimpan 8 karakter
b. sejumlah memori yang dibutuhkan untuk menyimpan 1 karakter
c. memori yang dibutuhkan untuk menyimpan 2 karakter
d. memori yang bibutuhkan untuk menyimpan 10 karakter
e. memori yang dibutuhkan untuk menyimpan 256 karakter

5. Untuk memunculkan toolbar Header and Footer, fasilitasnya ada di . . .
a. Display
b. Toolbar
c. Layout
d. View
e. Outlook

6. Menyimpan teks dalam gambar sangat mudah, karena Anda difasilitasi Word dengan . . .
a. text document
b. text block
c. text box
d. text file
e. text book

7. Membuat table sederhana dan yang canggih dapat Anda buat karena Word menyediakan fasilitas
a. insert table
b. insert
c. insert diagaram
d. insert list
e. insert rooster

8. Apabila kita ingin menghubungkan komputer kita dengan jaringan internet, kita menggunakan peralatan tambahan yang disebut . . .
a. music card
b. sound card
c. modem
d. TV card
e. monitor

9. Guna mengatur panjang pendeknya pengetikan naskah, kita menggunakan . . .
a. toolbar standart
b. toolbar formatting
c. margin
d. line status
e. toolbar drawing

10. Memberikan efek cetakan miring setelah naskah diblok adalah . . .
a. Ctrl B
b. Ctrl I
c. Ctrl U
d. Ctrl
e. Ctrl E

11. Perintah mengganti nama file yang benar . . .
a. klik kanan>replace
b. klik kanan>rename
c. klik kanan>send to
d. klik kanan>save as
e. klik kanan>properties

12. Fasilitas di Ms. Word yang berfungsi memasukkan rumus-rumus seperti dalam matematika . . .
a. bullet
b. autoshape
c. equation editor
d. table
e. speling

13. Untuk mengurangi intensitas radiasi dari layar monitor ke mata pengguna komputer, kita dapat menggunakan alat berupa . . .
a. screen saver
b. mouse
c. kacamata hitam
d. keyboard
e. screen filter

14. Di bawah ini termasuk output periferal, kecuali . .
.a. monitorCRT
b. printer
c. sound card
d. MIDI
e. PDA

15. Piranti yang bukan penyimpan cadangan adalah . . .
a. harddisk
b. floppy disk
c. DVD-ROOM
d. scanner
e. DAT Drives

16. Diketahui file: SPMB.PAS, file tersebut berasal dari keluarga . . .
a. Ms. Excel
b. Ms. Word
c. Ms. Windows
d. Pascal
e. Ms. PowerPoint

17. Menyimpan dokumen untuk pertama kali, fasilitasnya adalah . . .
a. save
b. keep
c. save as
d. save document
e. keep in

18. Membuat halaman koran dapat melalui fasilitas . . .
a. newsapaper
b. column
c. break
d. newws column
e. column page

19. Mengurutkan data dari yang besae ke yang kecil menggunakan fasilitas . . .
a. ascending
b. sorting
c. sort
d. series
e. descending

20. Yang termasuk contoh software di bawah ini adalah . . .
a. disket
b. CD
c. soft copy
d. harddisk
e. program aplikasi

LKS GERAK MELINGKAR

April 11, 2013 0 Comments

GERAK MELINGKAR

1.      Tujuan
-          Menentukan kelajuan benda
-          Menentukan gaya sentripetal benda yang bergerak melingkar.
2.      Alat
-          Beban kuningan
-          Beban karet
-          Penggaris
-          Neraca/timbangan
-          Stop watch
-          Pipa
-          Benang

3.      Dasar teori

4.      Cara Kerja
  1. Rangkailah alat seperti gambar.
  2. Putarlah beban sebanyak 10 putaran. Tentukan waktu untuk melakukan 10 putaran dan ukur jari-jari dari benda yang bergerak melingkar.
  3. Ulangi langkah ke 2 beberapa kali untuk beberapa kelajuan benda yang berbeda.

5.      Data
NO
Masa beban

Waktu (10 putaran)
Jari-jari putaran (R)

Kuningan
Karet


1




2




3




4




5











6.      Perhitungan

7.      Pertanyaan
  1. Dari hasil perhitungan kalau kelajuan benda semakin besar bagaimana jari-jari orbitnya.
  2. Bila orbit planet pada matahari dianggap berbentuk lingkaran tentukan besaran-besaran yang menyebabkan planet selalu dalam orbitnya.

8. Kesimpulan

LKS GETARAN HARMONIS PEGAS

April 11, 2013 0 Comments


Lembar Kerja Siswa (LKS)
GETARAN HARMONIS PADA PEGAS

A.         Tujuan:
             1. menentukan konstanta gaya sebuah pegas
             2. membandingkan frekuensi getaran pegas hasil pengukuran dengan hasil perhitungan
B.         Alat dan Bahan:
             - pegas                                                 - statif
             - stopwatch                                          - beban
C.         Skema Percobaan:
             (1) statif
             (2) pegas
             (3) beban bermassa m

D.         Dasar Teori:
E.      Prosedur Kerja:
          Mengukur tetapan gaya (konstanta pegas)
          1.     ukur panjang pegas tanpa beban
          2.     gantungkan beban bermassa m pada ujung bawah pegas
          3.     ukur panjang pegas setelah pembebanan
          4.     ulangi langkah-langkah tersebut dengan merubah-ubah massa beban m
          5.     masukkan data hasil percobaan ke dalam tabulasi berikut, hitung juga tetapan pegas yang digunakan:
No
Massa Beban m (kg)
Panjang Pegas Tanpa Beban (m)
Panjang Pegas setelah Pembebanan (m)
Pertambahan Panjang Pegas (m)
Tetapan Pegas (N/m)
1





.





.





Rt-rt





         6.     buatlah grafik hubungan antara F dan x berdasarkan data-data percobaan
         Mengukur frekuensi getaran pegas
          1.   menyusun alat sebagaimana terlihat pada skema percobaan
             2.   menarik beban ke bawah kemudian melepaskannya
             3.   mengukur waktu (t) yang dibutuhkan beban untuk melakukan sejumlah n getaran dengan menggunakan  stopwatch
             4.   mengulangi langkah 1 sampai dengan 3 dengan massa beban yang berbeda-beda
             5.   masukkan hasil pengamatan pada tabel berikut

No
Massa Beban m (kg)
Jumlah Getaran (n)
Waktu Getar (t)
Frekuensi getaran Hasil Pengamatan (Hz)
Frekuensi Getaran Hasil Perhitungan (Hz)
1





.





.





Rt-rt






H.         Pembahasan:
             Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
             1.   mengapa percobaan dilakukan dengan lebih dari 1 kali variasi data ?
          2.   apakah kelima hasil perhitungan konstanta pegas menghasilkan angka yang ajeg /konsisten/persis sama?, kalau tidak mengapa terjadi demikian?  (kesalahan percobaan dapat diakibatkan oleh faktor alat dan faktor praktikan, uraiakan kemungkinan-kemungkinan kesalahan alat dan kesalahan praktikan)
             3.   bagaimanakah pengaruh massa beban terhadap frekuensi getaran pegas ?
             4.   berapa konstanta pegas dalam percobaan ini ?

I.           Kesimpulan dan Saran:
             (kesimpulan: sesuaikan dengan tujuan percobaan. Saran: berikan saran-saran bagi orang lain yang melakukan   percobaan serupa agar mendapatkan hasil yang lebih baik)