Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Rabu, 27 Oktober 2021

KOTORAN TELINGA ANAK KERAS

 
Anakku umurnya 7 tahun, memang agak jarang saya membersihkan telinga anak sejak dia mulai besar dan aktif main kesana kemari, sampai suatu hari lagi santai saya bersihkan telinga bagian luar dan mau membersihkan yang dalam saya kaget, kotoran telinga banyak dan keras, bener-bener keras, kalo ketempelan cutton bud itu dia kesakitan
 
sejak saat itu saya berpikir, ini harus diatasi, saya browsing sana sini, dan hasilnya dimana-mana sama
ditetesi minyak zaitun, baby oil dan minyak-minyak sejenis
OK saya laksanakan, tak tetesi minyak itu, sehari-dua hari, ga ngaruh sama sekali
anak malah kaya kesakitan
 
akhirnya niat ini harus ke THT, haruus
 
dulu, waktu umur 3 atau 4 tahunan, anakku pernah ke THT dengan keluhan demam dan telinganya sakit, di dokter diperiksa dan diberi obat tetes, kata dokter telinga anak sedikit merah jadi kemungkinan radang telinga, dan disuruh balik ke tht lagi 1 minggu berikutnya
 
naaah karena saat itu lagi sibuk dan anak sudah baikan tidak ada keluhan saya ga ke tht lagi
ituu mungkin kesalahan saya
obat tetes itu mungkin untuk melunakkan kotoran dan disuruh datang lagi untuk mengambil kotorannya
saya menyimpulkan ini setelah ada temen saya ke tht untuk meriksain anaknya seperti itu
jadilah diumur 7 tahun kotoran telinga anak mengeras
 
Saya ke THT pakai BPJS, seperti biasa prosedur BPJS harus dengan berbagai rujukan
pertama ke dokter faskes 1 dan rangkaian rangkaian selanjutnya
alhamdulillah dokternya dengan mudahnya memberi surat rujukan
 
Bagaimana proses periksa  ??

Pertama datang langsung disambut dengan ramahnya oleh perawat dan dokter THTnya
kenapa bu?ada keluhan apa ananda?
ini dok telinganya kotor
anak saya langsung disuruh duduk di kursi periksa
diperiksa dari telinga kanan, oh iya ini kotor kering sudah mengeras, telinga kanan masih bisa pakai alat manual, tapi pas telingan kiri dokter langsung memakai alat khusus tht, bunyi alatnya ketika digunakan terdengar sekali
proses kurang lebih 10-15 menit selesai
anak anteng, nyaman ga takut sama sekali

ini sudah bersih ya bu, tapi nanti tetep tak kasih obat tetes bisa diambil dibagian farmasi
saya kasih surat rujukan untuk kontrol satu tahun lagi

alhamdulillah selesai

jangan takut ke tht dan jangan malas, luangkan waktu intinya
jangan disepelekan apapun itu
pelajaran untuk saya
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar