Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 02 Mei 2023

Pengalaman Mengikuti Program Ramadan One Day One Juz

Alhamdulillah diberi kesempatan sampai di bulan ramadhan tahun 2023, banyak sekali keinginan berkegiatan di bulan ramadhan yang memotivasi diri sendiri menjadi lebih baik, salah satunya dengan mengikuti program One Day One Juz

Bukan untuk pamer, bukan untuk tinggi hati
Hanya berbagi pengalaman saya mengikuti program One Day One Juz
Sudah lama sekali ingin bergabung sejak tenarnya program ini.
Mendengar program ini sejak tahun 2007 an sampai sekarang alhamdulillah berkesempatan mengikuti. Mencari cari artikel seperti yang saya tulis ini, semoga tulisan saya ini bermanfaat untuk orang-orang yang seperti saya dulu.

Bagi sebagian orang, untuk bisa mengatamkan Al Qur'an 1 juz itu mungkin gampang tanpa perlu ikut beginian, tapi bagi saya yang masih butuh berproses, mengikuti program ODOJ sangat memudahkan proses saya.

Sertifikat Program Ramadan ODOJ Kebumen

Kapan Pertama kali tahu program ini ?

Sejak saya masih belajar di bangku kuliah, saya sudah sering mendengar program ini, hanya membatin saja, hebat sekali mereka yang bisa ikut program begituan. Hanya mbak mbak dan mas mas akhwat yang bisa ikut, apalah aku hanya insan jelata yang jauh dari kata Sholehah, merasa belum pantas saja.
Padahal apa yang saya pikirkan adalah salah, sebetulnya saya yang kurang belajar saja.

Bagaimana akhirnya bisa ikut grup ?

Setelah sekian tahun, akhirnya Allah menggerakkan hati saya kembali, ramadan ramadan terakhir sebelum masuk bulan ramadan selalu menyiapkan list list ramadan, challenge ramadan, dan berbagai kegiatan yang direncanakan.

Sampai salah satunya adalah ODOJ, 2 bulan sebelum puasa saya membuka Instagram tentang ODOJ, dan berapa terkejutnya saya ada akun dengan nama ODOJ Kebumen, ada link pendaftaran dan tanpa pikir panjang saya langsung daftar dan mengisi link pendaftaran.

Ada akun mamaconect juga, memposting program mereka juga sejenis ODOJ saya pun daftar, supaya lebih menjaga konsistensi saya.

Program berbayar untuk saya dan anak-anak pun tidak luput dari kekepoan saya, tentang program dan harga-harganya, akhirnya galau ikut tidak ikut tidak.

Berapa lama prosesnya ?

Dari 2 program yang saya daftar, lumayan agak lama proses membalas mereka, dan yang pertama membalas adalah program dari mamaconect dan langsung diberi ketentuan dan aturan program serta dimasukkan ke dalam grup.

Selang beberapa waktu H-1 ramadan, ada wa masuk dan ternyata dari program ODOJ yang sudah saya daftar, akhirnya saya masuk kedua-duanya ,toh keduanya targetnya adalah sama.

Selama ini ikut apa ?

Ini adalah program ODOJ pertama yang saya ikuti, sebelumnya saya hanya list program selain ODOJ ,baca Qur'an hanya seselonya saja tanpa ada target.

Grupnya bagaimana ?

Setelah jalan beberapa hari saya merasa lebih klik dengan grup ODOJ Kebumen, jadi program satunya saya setor hanya seingatnya saya, prioritas utama dari ODOJ Kebumen.

Programnya apa saja ?

1. Berkomitmen kuat untuk menyelesaikan tilawah 1 juz Al Quran setiap hari dan melapor ke grup/ PJH
2. Bila ada udzur syari (sakit atau bepergian jauh) sangat dianjurkan untuk tetap tilawah semampunya, dan anggota melaporkan udzurnya ke grup.
3. Dikemudian hari, apabila anggota yang berhalangan syari sudah bisa meneruskan tilwahnya dan sudah menyelesaikan juznya yang terakhir, maka wajib melapor ke grup.
4. Konsekuensi dari kejadian di atas adalah, bagi grup yang menggunakan juz urut 1-30 maka list laporan akan menjadi tidak berurutan dan hal itu tidak menjadi masalah.
5. Bagi anggota wanita yang haid/nifas dan memiliki pemahaman tidak boleh tilawah, harus memilih salah satu dr opsi berikut :
a. Membaca terjemahan minimal 1 juz
b. Mendengarkn murottal minimal 1 juz
c. Membaca tafsir Al Quran (sesuai kemampuan).
Adapun opsi di atas bukan sebagai pengganti tilawah akan tetapi harus dipilih demi menjaga interaksi seluruh anggota dengan Al Quran dalam kondisi apapun dan wajib melaporkannya di grup/ ke PJH
6. Di dalam grup, anggota tidak diperbolehkan untuk :
a. Berjualan
b. Menyebarkan hal-hal yang berkaitan dengan partai politik, berbau SARA, atau paham-paham yang bisa memecah belah hubungan anggota di dalam grup.

Tugas Peserta apa saja ?

Setiap peserta wajib mengisi list atau setor bacaan yang sudah dibaca, max pukul 15.00 WIB, dari pukul 15.00 - 15.00 hari berikutnya.
Langsung saja nulis di grup
Misal. 26. Yayan kholas juz 3, dst setiap hari, nanti ada petugas yang rekap setiap hari.

Setiap peserta menjadi PJ 1 kali

Naah ini nih uniknya dan kelebihan grup ini, setiap anggota bertanggung jawab sebagai petugas rekap minimal satu kali dalam 1 bulan, bergiliran setiap hari ganti orang.
Peserta hanya menulis dia sudah kholas juz berapa saja, nanti direkap oleh yang bertugas hari itu.
Rekapnya gampang kok, insya Allah ringan kerjanya.

Grupnya Per kabupaten

Saya mengenal pertama program ini dari instragaram dengan nama ODOJ Kebumen, awalnya saya tidak percaya kalau ini adalah orang-orang kebumen, karena memang sama sekali tidak kenal dengan pesertanya, saya save no beberapa terutama admin-admin dan saya bisa melihat status mereka, dan memang benar semuanya adalah orang kebumen, jadi auto merasa bersaudara.

Setelah lulus bagaimana ?

Bayangan saya itu sudah selesai ramadhan ya sudah selesai ini program, ternyata salah saudara, program ini tetap berjalan sebelum dan sesudah Ramadan, dan saya pun merasa tidak mudah setelah Ramadan berlangsung untuk menyelesaikan ODOJ, akhirnya saya pindah ke ODALF yaitu program satu hari setengah juz, insyaallah menambah semangat dan insyaallah pasti bisa.

Kelebihan program ODOJ ramadan

1. Bergabung dengan orang-orang tidak di kenal lebih baik untuk saya dalam hal seperti ini dari pada dengan grup orang yang saling kenal
2. Melatih konsisten
3. Tantangan dan paksaan untuk diri sendiri
4. Program luar biasa
5. Peserta gampang hanya tulis yang di baca saja
6. Melatih tanggung jawab dengan menjadi PJ minimal satu kali
7. Bergabung dengan orang satu frekuensi dalam hal membaca al quran
8. Selalu diingatkan jika tidak absen hari tersebut

Ingin Gabung Juga ?

Boleh banget, yuuuh berproses bersama
memaksa diri sendiri untuk lebih baik
berusaha, niat baik insyaallah dimudahkan
bisa hubungi saya ya, DM atau coment nanti saya hubungkan ke admin supaya dimasukkan ke grup ODOJ atau ODALF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar