Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Sabtu, 15 Juli 2023

Area Anak Perpusda Kebumen

Perpusda Kebumen
Perpusda Kebumen semakin kekinian, ada berbagai area di dalamnya, ada area baca, area buku, area komputer, area diskusi dan juga salah satunya area anak. Semuanya di desain sesuai dengan fungsinya masing-masing dan juga disesuaikan dengan kebutuhan.
Begitupun dengan area anak, di dalamnya di desain dengan kebutuhan anak.

Lokasi 
Area anak berada di sebelah ruang koleksi buku dan ruang diskusi, di pojok kanan, dari pintu masuk lurus lalu belok kanan, jika belum jelas bisa tanya dengan petugasnya.

Jam Buka 
Jam buka perpusda Senin-Jumat 08.00 - 16.00
Sabtu 08.00 - 11.00
Pada jam-jam kerja, selalu sepi pengunjung, anak-anak tentunya di j sekolah jika sudah sekolah.

Luas Area Anak 
Area anak di Perpusda Kebumen kurang lebih 5x10 m, lumayan cukup untuk area bermain anak dan juga area baca. Bisa muat untuk anak 1 kelas TK.

Berkarpet
Semua area anak di Perpusda Kebumen berkarpet gambar karakter hewan dan berwarna coklat, di area ini wajib melepas alas kaki ya. 

Majalah Anak


Ada banyak sekali koleksi buku anak di ruang ini, salah satunya majalah anak, seperti Bobo dan buku-buku sejenisnya. 

Buku Cerita Anak
Buku cerita anak dari berbagai penerbit juga banyak sekali di sini, ada yang hard cover dan soft juga, tinggal memilih sesuai keinginan.

Ensiklopedi Anak
Ensiklopedi anak berseri bisa menjadi pilihan bacaan, buku yang terkenal dengan bobotnya, pilihan bermutu untuk dibaca.

Layar Komputer
Ada 4 layar monitor komputer, saya belum pernah melihat monitor ini dinyalakan, jika tanya dengan petugas dulu mungkin monitor ini bisa dinyalakan, dan dimanfaatkan untuk menonton film atau video edukasi yang disediakan.

Kaset dan Film Anak
Adanya monitor komputer tentu ada maksud dan tujuannya, salah satunya untuk menggunakan kaset atau CD film-film yang sudah disediakan. Ada berbagai pilihan kaset CD edukasi dengan berbagai tema.

Alat Music
Ada satu set alat musik drum di area anak perpusda kebumen, tetapi jika alat ini dipakai tentunya akan mengganggu pengguna perpusda yang butuh ketenangan. 

Egrang
Ada egrang, salah satu mainan tradisional dari jaman dahulu, butuh latihan untuk bisa menggunakan egrang, karena walaupun sederhana ternyata butuh keahlian juga, terutama keseimbangan. Alat ini bisa ditemukan di perpusda Kebumen.

Alat Peraga Pendidikan
Peraga pendidikan di sini ada berbagai kartu untuk belajar anak, puzzle berbagai gambar, dan banyak lainnya yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Mainan kayu
Ada berbagai mainan anak dan alat belajar yang berbahan kayu, seperti balik bersusun, huruf, alat transportasi, angka-angka, puzzle dan juga banyak lainnya.

Angklung 
Dari berbagai mainan, ada alat musik tradisional yaitu angklung, ada lumayan banyak sekitar 10an lebih, bisa dimanfaatkan jika ingin tahu angklung itu seperti apa.

Sejuk dan BerAC
Ruang berAC dan sejuk membuat anak nyaman bermain dan belajar di sini, betah pokoknya.

Sepi Pengunjung
Tingkat Perpus Kabupaten menurut saya masih sepi pengunjung, masih lebih ramai perpus sekolahan apalagi untuk area anaknya, jarang sekali pengunjung, tapi bagi saya jadi nyaman jika sepi. Mungkin banyak kegiatan kunjungan dari sekolah-sekolah tapi saya yang tidak mengetahuinya.

Terus berbenah dan semakin maju untuk Perpusda Kebumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar