Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Senin, 10 Mei 2021

SUKSES ASI EKSKLUSIF PADA ANAK KEDUA

Di awal menyusui boro-boro nyetok asi, asi saja baru keluar hari ke 3, tapi saya kekeh untuk tidak memberi bayi saya sufor, bayi rewel full sepanjang malam, setiap bayi nangis pikiran saya selalu muter, apakah karena lapar ya, apakah asi saya kurang, apakah asi saya tidak mengenyangkan, bayi gelisah setelah menyusu bener2 galau

Hari 1-3
Asi belum keluar, tapi ketika puting dipencet muncul asi sebesar kacang hijau gitu belum banyak

Hari 4-7
Entah seberapa banyak asi saya, bayi rewel ketika menyusu, setiap saat pengennya nenen dan nenen

Hari ke 8-2 minggu
Payudara mulai agak mrengkel, jika yang satu dinenenkan yang satu netes, saya beli alat penampung tetesan asi di shopee, lumayan sekali nenen bisa 10-20 ml, dan baju tidak banjir karena asi
akan tetapi hasil tampungan dari tetesan asinya bening jadi gimana gitu kalau mau minumin

Minggu ke 3
Saya mulai mikir kapan mau mulai nyetok, bayi aja setiap saat nenen
akhirnya dari pada tetesan asi terbuang percuma, setiap malam waktu saya menyusui saya sambi memompa, kiri dinenenkan dan kanan dimompa, itu dikerjakan berbarengan, bayi disusui sambil dipangku, karena dimalam hari setelah saya amati baru nenen sebelah selalu terlelap,

awal awal dapat 20 ml, itu saja sudah seneng banget, selang 3 harian dapat 50an ml tiap pompa sebelah asi, dan semalam bisa 2-3 kali pompa
hampir satu bulan saya mompa selalu dapat segitu, saya kumpulkan sedikit demi sedikit
perjuangan ibu perah tiap malam

Minggu ke 4
di minggu ini ada peningkatan jumlah pompanan bisa dapat 70 ml an tiap pompa asi sebelah yang sebelah di nenenin

begitu saja terus sampai saya masuk kerja setelah cuti habis
Ini stok asi saya 2 minggu sebelum masuk kerja lagi, alhamdulillah sekali dan itupun sudah terbuang sepuluhan bungkus karena mati lampu seharian, dengan niat menyelamatkan asi, saya mboyong asi saya ke rumah ibu, eh ternyata kulkas ibu ga sempurna membeku,,di buang deh akhirnyaa

Saya lalu beli ice gel 4 buah, buat jaga-jaga jika mati lampu lagi, setidaknya sedikit mendinginkan



Stok Asi 3 hari sebelum berangkat kerja


Setelah saya masuk kerja, penggunaan kantong atau plastik asi saya rasakan boros sekali, setiap bulan 250 ribuan terbuang untuk wadah asi, ya wadahnya saja, akhirnya saya putuskan untuk mengganti kantong asi dengan botol kaca, dan botol uc bekas
Di bawah adalah stok asi sebulan setelah saya berangkat kerja

 
                        

Alhamdulillah setiap pulang kerja saya membawa asip 600-700 ml
dan bayi saya minum asi selama saya tinggal kerja 400-500 ml
jadi masih ada sisa 100-200 ml tiap hari, dan itu lama-lama membuat frezer penuh
padahal sebentar lagi idul adha

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, saya putuskan beli kulkas frezer khusus asi tepat 1 hari sebelum idul adha, tadinya sempat galau antara sewa atau membeli baru atau asi disumbangkan, alhamdulllah ada rejeki jadinya membeli kulkas baru, ini survei kulkas di toko elektronik, merk aqua harganya 2,5 juta



Masyaallah Tabarakallah, stok asi Beni saat usia 4 bulan


Stok Asi Beni saat berumur 9 bulan, alhamdulillah


Seminggu setelah berangkat kerja saya merasakan repotnya memompa asi dengan pompa manual, akhirnya saya membeli pompa asi elektrik double pump dengan merk yang sama pompa manualnya.
alhamdulillah benar-benar memudahkan
Saya sehari mompa asi 3-4 kali sehari, setiap kali pompa 150-200 ml

Tips untuk busui dari pengalaman saya yang sudah pernah gagal asi eksklusif dan alhamdulillah sekarang lancar menyusui full asi
1.  Pede dengan diri sendiri, yakin bisa lancar menyusui full asi
2. Hempaskan kata-kata orang yang membuatku down untuk bisa full asi, saya yakin yakin banget orang lain, saudara niatnya semua baik menyarankan ini itu untuk si bayi
3. Jika mendengar bayi nangis, positif thinking saja, bayi tidak nyaman, pengen digendong, hilangkan pikiran jika bayi kurang asi
4. Awal awal menyusui saya saking parnonya , si bayi diliatin teruus takut kuning karena kurang asi, itu wajar mungkin sebagai busui
5. Ciri bayi cukup asi menurutku dengan cek pipisnya, sehari lebih dari 6-8 kali menandakan asi tercukupi
6. Tiap hari makan sayur dan sayur
7. Usahakan tiap hari pompa asi walaupun hanya satu kali selama cuti 
8. Berapapun hasil pompanan simpanlah di freser
9. Manfaatkan hasil tetesan asi sebelah, lumayaan banget
10. Minum air putih sebanyak banyaknya
11. Di tempat kerja wajib pumping tiap 2-3 jam sekali
12. Jangan panik ketika mati lampu, asip dikulkas bisa bertahan 8 jam saat mati lampu, jangan buka-buka pintu kulkas
13. Jangan lupa memberi label tanggal dan jumlah asi perah, saya hanya memberi tanggal saja untuk asip saya, karena ukuran botol sudah pasti 100 ml
14. investasi alat pompa asi yang bagus sangat mendukung dalam perolehan asip, ikhtiar untuk kebaikan, insyaallah diberi kemudahan untuk membeli.

dan akhirnya di bulan ke 14 atau anak saya mau 14 bulan dan kebetulan pas bulan puasa, ada tragedi lepas colokan listrik kulkas dan lupa masang lagi, gara-gara listrik anjlog biar bisa nyala kulkas di lepas dulu, eh ternyata lupa masang,huwaaaa huwaaa

15 an botol asi mencair disaat stok mulai menipis ditambah bulan puasa mompa biasanya dapat 400 ml, di bulan puasa paling dapat 100-200 ml
merasakan kejar tayang asi
walaupun bayi sudah mau 14 bulan, tapi rasanya belum rela jika harus di beri sufor atau UHT

Ayo berjuang lagi busui
berjuaang 



1 komentar:

  1. Kereeen Busui ibune Bhren. Saluut. Sangat menginspirasi 😍

    BalasHapus