Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 01 Desember 2020

SOAL PRAKARYA EVALUASI HASIL KEGIATAN USAHA KERAJINAN DENGAN INSPIRASI KEBUDAYAAN NON BENDA


KD 3.6 EVALUASI HASIL KEGIATAN USAHA KERAJINAN DENGAN INSPIRASI KEBUDAYAAN NON BENDA (skore @1)

 

1.  Pentingnya evaluasi usaha adalah ....

A.  Evaluasi merupakan alat perencanaan dalam rangka pengembangan usaha kedepan

B.  Evaluasi dapat digunakan sebagai alat pengembangan usaha

C.  Evaluasi dapat digunakan sebagai input dalam proses produksi

D. Evaluasi mengukur ketercapaian tujuan kegiatan

E.  Evaluasi menentukan kesuksesan pengelolaan dunia bisnis

 

2.  Berikut ini merupakan tujuan evaluasi hasil kegiatan usaha adalah sebagai berikut, kecuali…

A.    Memberikan masukan untuk perencanaan program

B.    Memberikan masukan untuk kelanjutan, perluasan, dan penghentian program

C.    Member sumbangan pada klarifikasi dan kritik

D.   Memperoleh informasi tentang faktor pendukung dan penghambat program

E.    Member masukan untuk memahami landasan keilmuwan bagi evaluasi program

 

3.  Evaluasi tentang keadaan keuangan perusahaan atau usaha selama periode tertentu disebut…

A.    Evaluasi keuangan

B.    Evaluasi manajemen

C.    Evaluasi harga

D.   Evaluasi misi usaha/bisnis

E.    Evaluasi ringkasan pelaksanaan usaha

 

4.  Evaluasi lingkungan usaha adalah…

A.    Evaluasi yang menggambarkan tentang budaya konsumen terhadap produk, penduduk, perubahan politik, perubahan tekhnologi, perubahan ekonomi, tingkat bunga, kekuatan dan kelemahan usaha dibandingkan dengan pesaing

B.    Evaluasi yang menggambarkan tentang ringkasan keseluruhan kegiatan usaha, barang dan jasa yang dihasilkan atau disajikan

C.    Evaluasi yang menggambarkan tentang desain produk, tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan pelayanan terhadap konsumen

D.   Evaluasi yang menggambarkan tentang kekuatan dan kelemahan pesaing

E.    Evaluasi yang menggambarkan tentang ringkasan keseluruhan kegiatan usaha, barang dan jasa yang dihasilkan atau disajikan

 

5.  Pengusaha furniture, barang pecah belah merupakan usaha yang berjalan dibidang nonkonsumtif. Oleh karena itu harus selalu berusaha agar produk- produknya dapat bertahan lama dipasar dengan terus melakukan inovasi untuk menarik minat pelanggan. contoh tersebut adalah permasalahan…

A.    Masalah sumberdaya manusia

B.    Maslah minat pasar

C.    Masalah siklus penjualan

D.   Masalah ketepatan jadwal

E.    Masalah siklus pembelian

 

6.  Beberapa permasalahan dalam kegiatan usaha antara lain, kecuali…

A.    Masalah sumberdaya manusia

B.    Maslah minat pasar

C.    Masalah siklus penjualan

D.   Masalah ketepatan jadwal

E.    Masalah siklus pembelian

 

7.  Beberapa tahapan pengembangan usaha:

a.    Merumuskan alternative usaha

b.    Identifikasi peluang

c.    Seleksi alternative

d.    Evaluasi usaha

e.    Pelaksanaan alternative terpilih

Tahapan pengembangan usaha menurut Pandji Anoraga berturut turut yang benar adalah…

A.    b, a, c, e, d

B.    b, a, e, c, d

C.    a, c, b, e, d

D.   a, b, d, e, c

E.    c, b, a, e, d

 

8.  Seseorang mempunyai usaha lama yaitu menjual kain kebaya dan kebaya jadi, sedangkan usaha yang baru menerima jahitan membuat kebaya. Hal tersebut merupakan bentuk dan jenis pengembangan usaha yaitu…

A.    Pengembangan produk yang berbeda dan pada arah yang berbeda

B.    Pengembangan usaha sesuai dengan keahlian yang dimiliki

C.    Pengembangan produk lain namun dalam satu arah

D.   Pengembangan produk dalam satu arah

E.    Pengembangan jumlah atau volume barang/produk

 

9.  Seseorang mempunyai usaha lama yaitu membuat pakaian atau konveksi untuk orang dewasa, sedangkan usaha yang baru selain membuat produk yang lama ditambah membuat pakaian untuk anak-anak, sprei, mukenadan sebagainya. Hal tersebut merupakan bentuk dan jenis pengembangan usaha yaitu…

A.    Pengembangan produk yang berbeda dan pada arah yang berbeda

B.    Pengembangan usaha sesuai dengan keahlian yang dimiliki

C.    Pengembangan produk lain namun dalam satu arah

D.   Pengembangan produk dalam satu arah

E.    Pengembangan jumlah atau volume barang/produk

 

10. Yang bukan cara seorang wirausaha dalam mengembangkan usahanya adalah…

A.    Pengembangan usaha dengan menambah cakupan usahanya atau meningkatkan kualitas produk yang sudah ada

B.    Pengembangan usaha dengan kerjasama dalm rangka peningkatan modal usaha serta penambahan investasi

C.    Pengembangan usaha dengan melakukan ekspansi usaha ke bidang lain

D.   Pengembangan usaha sesuai dengan modal yang ada

E.    Pengembangan dengan memperluas pabrik atau menambah pabrik

 

I.  ESAI

 

1.    Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam menetapkan harga! (skore =10)

2.    Promosi merupakan salah satu media pemasaran yang tepat. Sebutkan dan jelaskan 4 bentuk kegiatan promosi! (skore =10)

3.    Sebutkan 3 fungsi evaluasi hasil usaha! (skore =10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar