Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 01 Desember 2020

SOAL PRAKARYA PEMASARAN LANGSUNG KERAJINAN DENGAN INSPIRASI KEBUDAYAAN NON BENDA

 


KD 3.5 PEMASARAN LANGSUNG KERAJINAN DENGAN INSPIRASI KEBUDAYAAN NON BENDA (skore @1)

 

1.      Sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial disebut…

A.  Penjualan

B.  Pembelian

C.  Pemasaran

D. Promosi

E.  Evaluasi

 

2.      Pencarian data melalui pengamatan dan wawancara dilakukan kepada pasar sasaran yang dituju untuk mengetahui ….

A.  Harga jual

B.  Selera dan daya beli

C.  Ketertarikan pengunjung

D. Pendapat pengunjung

E.  Nilai estetiknya

 

3.      Dalam pelakasanaan konsep pemasaran sebagai filosofi bisnis, pemasar melakukan koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran untuk tercapainya ....

A.  Kepuasan pelanggan

B.  Keuntungan jangka pendek perusahaan

C.  Kepuasan personil produksi dan pemasaran

D. Harga lebih murah dibanding pesaing

E.  Produk unggulan yang berkualitas

 

4.      Pemilihan tempat usaha yang paling stategis bagi pengelola usaha disebabkan karena faktor faktor berikut ini, kecuali...

A.  Dapat memuaskan langganan

B.  Meningkatkan persaingan

C.  Memudahkan pemasaran dan penjualan

D. Sangat menguntungkan

E.  Adanya kemudahan dalam segala hal

 

5.      Persaingan bebas dalam segala bidang tenaga kerja menuntut sumber daya manusia yang memiliki daya saing, yaitu…

A.  Berdaya saing tinggi dan memiliki kompetensi keahlian kejuruan tertentu

B.  Fleksibel dan luwes dalam menerima ide dari orang lain

C.  Mempunyai pola pikir yang berbeda dengan orang lain

D. Tidak mau terikat pada aturan-aturan

E.  Bekerja keras dan berpusat pada diri sendiri

 

6.      Harga, kualitas, promosi, servis, dan lokasi adalah hal yang harus dianalisis dari pesaing, tujuannya ....

A.  Menjatuhkan mereka

B.  Membajak

C.  Lawan bisnis

D. Meniru

E.  Evaluasi sebagai masukan untuk perbaikan

 

 

 

 

 

 

7.      Dalam SWOT analysis, T  adalah Threats yang artinya adalah ...

A.  Kekuatan                                      D. Persaingan                                                              

B.  Ancaman                                                E. Kelemahan

C.  Peluang                                                         


 


8.      Dalam SWOT analysis, O adalah Oportunity  yang artinya adalah ...

A.  Kekuatan                                                                 

B.  Ancaman

C.  Peluang                                                                  

D. Persaingan

E.  Kelemahan

 

9.      Lamanya proses produksi,minimnya bahan baku yang tersedia di pasaran merupakan salah satu analisis SWOT dalam hal ...

A.  Opportunities

B.  Threats

C.  Weakness

D. Strenghts

E.  Strong

 

10.   Terdapat usaha baru yang sama tetapi harga dan barang lebih menarik, merupakan salah satu analisis SWOT dalam hal...

A.  Opportunities

B.  Threats

C.  Weakness

D. Strenghts

E.  Strong

 

11.   Perhatikan pernyataan berikut:

1.  Sedikit pesaing       2. Desain menarik       3. Waktu belajar berkurang   

    4.  Kreatif dan Inofatif  5. Harga terlalu mahal

Dari pernyataan tersebut yang termasuk analisis Strength adalah ...

A.  1,2 dan 3

B.  1,2 dan 4

C.  1,2 dan 5

D. 2,3 dan 4

E.  3,4 dan 5

12.   Berikut ini merupakan strategi dan kiat pemasaran :

1.    Product

2.    Convenience

3.    Cost to the customer

4.    Promotion

5.    Price

6.    Communication

Yang merupakan strategi pemasaran dari sudut penjual adalah…

A.  1, 2 dan 3

B.  1, 2 dan 5

C.  2, 3 dan 4

D. 1, 4 dan 5

E.  2, 4 dan 6

 

13.   Berikut ini strategi pemasaran dalam berbisnis yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa, kecuali…

A.  Mengenali pelanggan

B.  Menggunakan internet marketing

C.  Menetapkan harga yang tinggi

D. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

E.  Memilih lokasi yang strategis

 

14.   Perencanaan pemasaran adalah suatu hal yang sangat penting bagi seorang produsen karena dapat menetapkan …..

A.  Mengalirnya barang ke tangan konsumen

B.  Mengalirnya jasa ke tangan konsujmen

C.  Mengalirnya jumlah penjualan

D. Mengalirnya barang dan jasa ke tangan konsumen

E.  Mengalirnya kumlah keuntungan ke tangan producen

 

15.   Tujuan perencanaan pemasaran adalah …

A.  Membawa ke arah peningkatan koordinasi dalam pemasaran

B.  Menetapkan target pemasaran

C.  Menetapkan strategi pemasaran

D. Menyusun anggaran pemasaran

E.  Menyusun perencanaan pemasaran

 

16.   Cara menciptakan pelayanan dan kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan …

A.  Lokasi mudah dijangkau

B.  Barang atau jasa dapat dipakai

C.  Mendengarkan dan memperhatikan serta melayani dengan cepat kebutuhan konsumen

D. Harga terjangkau

E.  Barang atau jasa bermerek

 

17.   Suatu bentuk penyajian dan promosi gagasan, barang atau jasa yang dibiayai oleh suatu sponsor tertentu yang bersifat massif dan nonpersonal adalah…

A.  Publicity

B.  Personal selling

C.  Promosi penjualan

D. Advertensi

E.  Ergonomis

 

18.   Kegiatan dan media promosi bergantung dari pasar sasaran yang merupakan target dari promosi tersebut. Promosi produk dapat dilakukan diantaranya dengan mengadakan kegiatan disutu lokasi, promosi melalui poster atau iklan di media cetak, radio maupun media sosial. Produk rekayasa memiliki keunggulan pada tampilan visual maka pada umumnya tidak memanfaatkan ....

A.  Radio sebagai media promosi

B.  Iklan televisi sebagai media promosi

C.  Iklan di media cetak sebagai media promosi

D. Media sosial sebagai media promosi

E.  Poster sebagai media promosi

 

19.   Mempromosikan produk dapat menggunakan media, kecuali…

A.  Banner          

B.  Telepon                       

C.  Internet        

D. Radio                        

E.  Televisi

 

20.   Untuk mengakomodasi kegiatan promosi, maka diperlukan media pemasaran untuk menjangkau konsumen. Buku, artikel, berita dan newsletter merupakan contoh media pemasaran…

A.  Sosial

B.  Konvensional

C.  Online

D. Penerbitan

E.  Langsung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar