Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Kamis, 30 Maret 2023

Overpass Tegalgondo atau Jembatan Klepu, Jadi Alternatif Ngabuburit

Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan sore pada bulan ramadan, untuk menunggu waktu berbuka. Ngabuburit intinya adalah melakukan kegiatan menyenangkan supaya waktu menunggu adzan magrib tidak terasa, tiba-tiba adzan magrib aja.

Kegiatan Ngabuburit
Ngabuburit lebih diartikan keluar rumah, apa saja alasan ngabuburit pada umumnya ?
beli takjil
motor-motoran
lihat pemandangan 
Tongkrong
ada lagi alasan ngabuburit ?

Motor-motoran lebih sering kami lakukan saat ngabuburit, kemana aja yang penting motoran. Kemarin kami ngabuburit ke Jembatan Klepu yang baru atau Overpass Tegalgondo, Apa itu overpass tegalgondo?
     
                               

Sejarah Jembatan Klepu

Setelah membutuhkan waktu selama empat tahun pengerjaan, pekerjaan pembangunan perlintasan tidak sebidang (Overpass Tegalgondo) Desa Tegalgondo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah akhirnya secara resmi dioperasikan 7 Januari 2021. Pembangunan Overpass Tegalgondo menggunakan pendanaan APBN (SBSN) dengan total anggaran sebesar Rp. 53.329.381.000,- yang dibagi menjadi 2 tahap penganggaran.

Tahap I Tahun Anggaran 2017 - 2020 dengan total anggaran sebesar Rp. 27.554.590.000,- dan Tahap II Tahun Anggaran 2020 dengan total anggaran sebesar Rp. 25.774.791.000,-.


Lokasi
Overpass Tegalgondo atau Jembatan Klepu berada di Desa Tegalgondo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Fungsi Jembatan
pelaksanaan pekerjaan pembangunan Overpass Tegalgondo bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dengan menghilangkan perlintasan sebidang.

Bentuknya Keren
Kegiatan Pembangunan Overpass yang menggunakan teknologi Corrugated-Mortar Busa Pusjatan (CMP) itu merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Jadi percontohan Jembatan
pembangunan overpass ini merupakan solusi untuk meningkatkan perjalanan kereta api dan dapat menjadi salah satu model dalam menangani permasalahan perlintasan sebidang bagi daerah lain. 


Tempat Wisata Dadakan
Overpass Tegalgondo menjadi bangunan yang sangat megah dan menonjol dibanding sekitarnya, sehingga menarik perhatian warga untuk melihat dari dekat dan berswafoto.Jembatan Klepu menjadi tempat wisata dadakan. Dibangun saat covid lagi marak-maraknya, masyarakat diisolasi tidak boleh keluar rumah hampir 1 tahun lebih. Masyarakat haus dengan hiburan adanya jembatan baru menjadi oase tersendiri.

Jembatan Klepu (sumber : koranpurworejo)


Tempat ngabuburit
Saat bulan puasa Jembatan klepu juga ramai dengan orang-orang yang ngabuburit di sini. Ada yang sekedar lewat saja dan ada yang turun untuk menikmati jembatan.
ngapain saja di Jembatan?

Overpass Tegalrejo Tampak dari Kejauhan



Melihat Megahnya Overpass Tegalrejo

Berfoto-foto bersama


Lihat Pemandangan




Jalan-jalan


Lihat Kereta Lewat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar