Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Jumat, 15 Desember 2023

Karangbolong, Wisata Gua di Tepi Pantai


Karangbolong

Karangbolong adalah salah satu wisata pantai terkenal di Kabupaten Kebumen. Mengapa namanya Karangbolong ? Karangbolong berasal dari dua kata karang dan bolong, karang itu batuan besar, dan bolong itu dari bahasa Jawa yang artinya berlubang, jadi Karangbolong itu artinya batuan atau karang besar yang berlubang. 


Kalo secara geografi, Karangbolong terbentuk karena ada karang yang terkena deburan ombak besar terus menerus dalam waktu yang sangat lama, karang berlubang lama-lama lubangnya besar seperti goa.

Lokasi


Pantai Karangbolong terletak di desa Buayan, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen

Bersebelahan dengan Sagara dan Suwuk


Pergi ke Karangbolong sama dengan pergi ke Sagara, karena satu tiket dan satu lokasi. Kalo karangbolong itu pantainya dan bukitnya namanya Sagara view. Dan pantai di sebelah timurnya adalah pantai suwuk, kalo ke pantai suwuk masih berbayar lagi.

Goa


Pergi ke Karangbolong jika belum pernah itu, tampilan di depan adalah seperti pergi ke goa. Jadi sebelum sampai ke bibir pantai semua pengunjung melewati goa terlebih dahulu. Secara tidak langsung pengunjung pergi ke dua tempat wisata goa dan pantai.

Ombak Besar dan Curam


Menurut saya ombak di pantai karangbolong terlihat lebih besar dari pada di pantai lain, mungkin karena pasirnya langsung curam atau airnya yang sedang pasang, ombaknya seperti tidak bersahabat. Memang tidak ada satupun orang yang bermain di bibir pantai. Baik di depan goa maupun di pantai sebelah baratnya.

Naik Perahu


Ada daya tarik di wisata karangbolong yaitu perahu, naik perahu di pantai lumayan menaikkan adrenalin, bagi para pobia air kurang disarankan.
 
Rute perahu dari pantai Karangbolong menuju aliran sungai sepanjang pantai suwuk dan Karangbolong, lumayan jauh bagi saya. Biaya naik perahu 10K, satu perahu bisa muat sekitar 10 orang.

Di jalan berpapasan dengan perahu lain, saya saya ke sini, ada dua perahu yang siap untuk dinaiki.

Dinding Tebing


Di depan pantai Karangbolong ada tebing tinggi, mirip dengan Pantai Menganti, jadi untuk berfoto jadi terlihat Instragamable, dalam satu tempat ada goa, pantai, dan tebing tinggi.

Pusat Jajan


Bagi yang tidak bawa bekal, disekitar pantai karangbolong banyak penjual. Mereka berjualan dari pakaian, makanan, sandal dan berbagai oleh-oleh khas pantai.

Parkiran


Parkiran di Pantai Karangbolong lumayan luas, untuk bis biasanya parkir di tempat parkir berbarengan dengan objek wisata Sagara view, jika mobilpribadi masih bisa parkir dengan dengan mulut goa.

Tempat Berfoto


Banyak sekali spot-spot foto menarik di Karangbolong, mulai dari parkiran dengan view pantai, di depan goa ada tulisan Karangbolong, di mulut goa, di dalam goa, di bawah tebing dan di sekitar pantai karangbolongnya.

Saran 


Kebersihan di sekitar wisata karangbolong menurut saya perlu ditingkatkan, terutama di dalam goa. Mungkin sampah-sampah berasal dari air pasang yang ketika surut menyisakan sampah, jadi lumayan mengganggu mata pengunjung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar