Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Kamis, 07 Desember 2023

Rumah Martha Tilaar Gombong Kebumen, Warisan Sejarah yang Wajib Dilestarikan

 
Sejarah Singkat Rumah Martha Tilaar 

Apa kalian tahu Martha Tilaar ? Martha Tilaar terkenal dengan produk kecantikannya salah satunya adalah Sariayu. Di iklan kata Sariayu Martha Tilaar seperti sudah lekat di telinga. Saya juga salah satu pengguna produk Sariayu. Karena sudah sangat terkenal, Martha Tilaar seperti menjadi sosok pelopor dan inspirasi. Sejarah keluarganya pun menjadi ditelisik lebih jauh. Martha Tilaar lahir di Gombong Kebumen, rumah kelahirannya di jadikan ikon budaya dan dikembangkan untuk menjadi rumah sejarah dan rumah belajar yang bisa dikunjungi untuk umum.

Beberapa waktu lalu, kami lewat Gombong dan menyempatkan mengunjungu rumah Martha Tilaar Gombong. Seperti apa sih rumah Martha Tilaar? 

Lokasi

Rumah Martha Tilaar Gombong berlokasi di Jalan Sempor Lama No.28, Kedungampel, Wonokriyo, Kec. Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54412


Pertama kali masuk langsung terlihat, terasnya yang terlihat artistik dan klasik. Bangunan ini katanya adalah bangunan asli, tidak ada tak diubah sama sekali, hanya perbaikan ringan dan perawatan saja.


Di depan teras tertulis Martha Tilaar, jika lewat sini, dan belum tahu kalo ini rumah bersejarah, pertama kali lihat langsung terbesit rumah ini klasik sekali, terlihat rumah peninggal Belanda.


Ada foto yang memperlihatkan keaslian bangunan, di foto rumah Martha Tilaar jaman dahulu, dan masih sama dengan bangunan sekarang.


 
Halaman Depan Rumah Martha Tilaar 


Rumah Martha Tilaar ada 3 bangunan, tengah sebagai bangunan utama, sebelah kanan kirinya ada bangunan juga dan berbentuk kamar-kamar, teras depan dan teras belakang.

Tiket 

Begitu kami datang, langsung disambut oleh mas-mas yang ada disitu, dan diarahkan menuju ke tempat pembelian tiket, tiket untuk umum 15K dan untuk usia pelajar 5K, serta ditawarkan mau lihat-lihat sendiri atau didampingi guide. Akhirnya kami memilih didampingi untuk menjelaskan setiap detail ruangannya. Dan harga tiket 15K sudah termasuk jasa guide.

Ruang Tamu


  

Ruang pertama yang kami masuki adalah ruang tamu. Di ruang tamu ada lemari, sofa dan meja-meja serta foto-foto dahulu para pemilik rumah. Jendela kanan kiri model besar. Semua furniturenya katanya adalah barang-barang asli dari dahulu. Dari lantainya pun terlihat begitu klasik, lantai jam dahulu, dengan motif klasik, namanya jubin kalo dulu.

Lorong Rumah


Dari ruang tamu kami menuju kamar-kamar utama. Dan ada lorong yang menghubungkan dua kamar utama. Sebelah kanan ada kamar pengantin, dan sebelah kiri kamar tidur utama dengan ruang kerja dan ruang santai.

Kamar Tidur di Rumah Martha Tilaar



 

Kamar tidur semua bermodel klasik, dan hampir semuanya ada seperti tempat tirai di sisi kanan kirinya. Disamping tempat tidur ada meja-meja kecil dan lemari-lemari pakaian. Hampir semua furniture terbuat dari bahan kayu.
 
Ruang  Makan

Dari kamar-kamar menuju ke ruang belakang. Ruangannya terbuka, terang dan ada 1 set meja makan, dan 1 set kursi santai untuk duduk-duduk dan dilengkapi lemari besar.

Teras Belakang

Di depan ruang makan ada ruang terbuka dan pepohonan asri, sekarang di desain bisa untuk berfoto-foto, ada kursi dan tamanan dinding.

Tempat Baca


Ruang baca atau ruang belajar ada di bangunan sebelah kanan, di ruang belajar ada lemari dengan berbagai buku, disediakan pengelola jika ada yang ingin baca-baca buku sambil menikmati klasiknya rumah Martha Tilaar Gombong.

Mushola


Jika pengunjung ingin sholat dan kamar mandi, lokasinya ada di bangunan sebelah kanan dan paling belakang. Di mushola ada mukena dan sajadah. Di depan mushola ada kamar mandi dan cermin.

Tanamam obat


Di samping rumah ada kebun yang isinya berbagai tanaman-tanaman obat. Keluarga Liem, pemilik rumah ini sangat senang dengan jamu-jamuan atau tanaman obat. Mereka senang Mera ik sendiri berbagai obat-obatan.

Belajar Sejarah


Dengan berkunjung ke rumah Martha Tilaar kita jadi belajar sejarah, asal usulnya Martha Tilaar dari Kakek Nenek sampai buyut-buyutnya. Semua tertulis di silsilah keluarga yang tertempel di lorong dekat kamar utama.

Guide Tour


Guide tournya dengan sabar menjelaskan setiap detai ruangan, di setiap barang hampir semuanya tertulis, misal kursi itu tidak boleh diduduki. Bapaknya sepertinya sudah sangat hafal dengan sejarahnya Martha Tilaar

Furniture bersejarah


Bentuk-bentuk furniture di dalam rumah Martha Tilaar bisa menjadi inspirasi kita saat ingin membuat lemari atau alat sejenisnya. Begitupun dengan bentuk bangunan, penataan ruang sertanya bisa menjadi inspirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar