Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 26 Maret 2024

Makanan Khas Ramadan

Bulan ramadan selain identik dengan bulan untuk beribadah juga identik dengan jajanan atau makanan.

Segala menu makanan seperti keluar jika bulan ramadan. Banyak sekali orang berjualan makanan, dari sayur sampai takjil atau makanan pembuka ramadan.

Menurut saya, ada makanan yang mendadak banyak dan seperti menjadi icon bulan puasa, apa saja ?

Es buah
Walaupun bukan bulan puasa ramai penjual es buah, tetapi di bulan puasa sepertinya orang berjualan es semakin banyak, berbagai jenis es, dan herannya hampir semuanya ada pembelinya. Itulah rejeki atau berkah bulan ramadan.
Es yang marak di ramadan 
1. Es teh jumbo
2. Es buah
3. Es krim
4. Es ager-ager

Kolak
Makanan yang menjadi icon bulan puasa, aromanya yang khas jika dicium sebelum waktu buka, aroma santan, gula Jawa, pandan/vanili, pisang dan teman-temannya kolak

Blewah
Buah yang jadi banyak bermunculan jika bulan puasa, entah mengapa coba? Apa jadi pada berbuah pohonnya, atau karena hanya laku saat bulan puasa ya? Di pasar-pasar hampir selalu ada blewah jika bulan ramadan.

Kolang Kaling
Kolang Kaling hampir mirip dengan blewah, langsung ada dimana-mana ketika puasa, dimasak berbagai jenis, dari kolak, es, manisan dan banyak lainnya.

Cincau
Cincau ada yang cincau hitam dan cincau hijau, kalo yang alami biasa dibuat sendiri dirumah pakai daun itu cincau hijau, cincau hitam yang biasa dijual untuk es es.

Tepung Warna Warni Kolak
Tepung aci warna warni untuk campuran membuat kolak, bagi yang sering membuat kolak pasti paham banget, dan saya herannya banyak munculnya itu di bulan ramadan. 

Sarden
Bagiku makanan ini adalah andalan jika tidak sempat masak, tinggal buka aja, di sreng-sreng sebentar jadi deh.

Kurma 
Makanan dari arab, sudah tidak asing lagi di Indonesia, apalagi bulan puasa, di Indonesia pun ,kurma seperti makanan wajib jika puasa. Berbagai jenis kurma dengan berbagai variasi harganya pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar