Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Sabtu, 30 Maret 2024

Tradisi Ramadan di Mrentul Bonorowo

Setiap daerah punya adat dan kebiasaan sendiri-sendiri termasuk dalam menyambut bulan ramadan dan saat ramadannya itu sendiri.

Di daerah saya Kec Bonorowo Kab Kebumen, ada tradisi yang selalu mengingatkan kalo ramadan banget.

Syabanan
Syabanan adalah kegiatan di bulan syaban, atau bulan sebelum bulan ramadan, tepatnya 2 Minggu sebelum bulan ramadan. Biasanya banyak sekali penjual di daerah tertentu, warga yang lain jajan dan beli beli. Kalau bahasa jawanya "sobo"

Nyekar
Sebelum ramadan dimulai, ada tradisi nyekar untuk leluhur atau saudara dan keluarga yang telah mendahului kita, mendoakan semoga mereka diampuni dosa-dosanya. Begitupun jika ramadan mau usai, kita nyekar lagi menyambut idul Fitri.

Ruwahan
Ruwahan dengan syabanan dilaksanakan di bulan yang sama yaitu bulan syaban, kalo syabanan itu kita jajan ke luar alias sobo, tapi kalau Ruwahan itu kita tahlilan atau sedekah kepada tetangga. Dilaksanakan dengan berdoa bersama menyambut bulan ramadan.

Bikin tumpeng di malam pertama puasa
Membuat tumpeng untuk masing keluarga, lalu dibawa ke masjid pada tarawih pertama dan didoakan bersama-sama. Pernah juga yang masak pihak yang punya mushola atau takmir masjid.

Jaburan
Jaburan adalah makanan yang dibagikan setelah shalat tarawih. Biasanya dalam sebulan dibagi-bagi merata untuk yang bawa jaburan. Habis sholat biasanya saling bercengkrama duduk minum terh anget dan Snack jaburan. Ada yang dimakan ditempat dan ada yang dibagikan ke anak-anak. Daerah tertentu ada yang saat pembagian jaburan mereka berebut.

Berbagi dengan tetangga
Berbagi sebetulnya tidak hanya di bulan puasa, tapi jika di bulan puasa seperti lebih bersemangat. Berbagi apapun itu, tidak harus mewah, sederhana saja, sayur 

Likuran
Likuran itu bahasa jawanya selikur, bahasa Indonesianya dua puluh satu. Jadi likuran itu syukuran atau among-among memasuki hari ke 21 ramadan. Bisa dengan berbagai,atau memberi sesuatu.

Ngabuburit
Di bulan puasa sore hari menjelang magrib, jalanan itu serasa penuh, kaya hampir semua orang keluar rumah, dengan berbagai keperluan, dan utamanya adalah ngabuburit, menunggu waktu magrib.

Jalan Pagi
Dari saya kecil bulan puasa khas dengan jalan pagi, terutama habis sahur lalu sholat subuh berjamaah, setelah itu biasanya lanjut jalan pagi, kegiatan ini sekarang sepertinya mulai berkurang, karena mungkin anak-anak lebih disibukkan dengan gadget mereka.

Prepegan
Pasaran beberapa hari menjelang idul Fitri, pasar biasanya selalu berjubel pembeli, semuanya menyiapkan bahan makanan untuk lebaran. Dari ketupat, daging, peyek dan sejenisnya. Bahasanya kalo disini adalah prepegan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar