Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Senin, 25 Maret 2024

Tips Berpuasa di Bulan Ramadan


Bulan Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat Islam, bulan penuh kemuliaan, bulan yang sangat dinanti-nanti, semoga semua umat Islam antuasias dan bahagia menyambut datangnya bulan Ramadan yang hanya satu kali dalam satu tahun.

Effort setiap orang tentu berbeda-beda, apakah hal termasuk bergantung dengan kadar keingamanan seseorang juga ?

Jangan sampai bulan Ramadhan menjadi kurang maksimal karena kurangnya pengetahuan kita.

Beberapa tips menyambut bulan ramadan supaya menambah semangat beribadah

Siapkan jauh-jauh hari

Sekarang banyak sekali postingan tetangga ramadan, terutama pengingat hari, h min sekian Ramadan biasanya mulai bersliweran di medsos, bagi yang membaca juga bisa sebagai pengingat, kadang kita tidak ingat, melihat postingan orang lain jadi ingat. Sebulan sebelum ramadan kalo bisa harus sudah mulai menata hati.

Ikuti Challenge

Bagi saya mengikuti challenge adalah tantangan dan paksaan diri supaya kita terus menjadi lebih baik, challenge apapun itu, terlebih di bulan ramadan, ada banyak sekali challenge dari one dari one juz, BPN Ramadan, setiap hari memasak, riyadho with love dan banyak yang lain, di medsos banyak sekali. Kalo banyak temannya dibuat grup dan diabsen lebih membuat kita disiplin dan semangat.

Beli Buku

Beli buku yang disukai dengan tema bebas atau lebih baik lagi tema tentang bulan ramadan, apa yang harus dilakukan, tips-tips ramadan atau bisa dengan novel yang akan dibaca tiap ngabuburit. Waoow asyik banget ga sih.

Dengarkan Kajian

Mendengarkan kajian oleh pemuka agama yang kita sukai tentang Ramdan, akan membuka hati kita, terkadang ada aja omongan ustad yang menusuk hati kita, demi kebaikan ga papa sih ditelan saja. 

Beli hal yang bikin semangat

Selain buku belilah hal hal yang menambah semangat beribadah, misal mukena baru, Al quran baru, sajadah baru, atau sekedar tasbih baru, yakin deh hal itu bisa menambah semangat beribadah di bulan ramadan.

Jauhi hal-hal negatif

Pada dasarnya hati nurani kita itu tahu mana hal baik dan mana hal buruk, mencoba mengurangi hal buruk walau hanya 1 persen setiap hari itu lebih banyak dari pada tidak sama sekali, mengapa hanya satu persen pun lebih baik ? Karena menjauhi hal negatif apalagi yang sudah jadi habit itu sama dengan melawan diri sendiri, semangat !

Ikut kelompok Kajian

Jika memungkinkan, ikut kelompok real kajian sangat jauh lebih baik, terutama jika masih sekolah atau jadi mahasiswa, itu benar-benar sangat mempengaruhi Iman kita, kelompok kita tentunya sama-sama ingin memperbaiki diri.

Ikut Berbagai Program

Orang cenderung melakukan hal baik atau buruk, di tengah tengah itu adalah hal sia-sia, makanya lebih baik melakukan hal baik. Lagi lagi walaupun perubahan hanya 1 persen lebih baik dari pada tidak, dan seandainya hasilnya nol pun tetap lebih baik karena kita sudah punya niat

Apa lagi ya yang bikin bulan Ramadan lebih bersemangat ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar