Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 21 Februari 2023

Perpusda Kebumen, Tempat Asyik untuk Bermain, Tongkrong dan Baca Buku

Perpusda Kebumen atau Perpustakaan Daerah Kebumen adalah salah satu tempat atau instansi di bawah pemerintahan Kebumen yang menyediakan layanan kearsipan dan keperpustakaan atau literasi, seperti buku, majalah, novel dan lainnya.


Lokasi


Perpusda kebumen, berlokasi di pusat kota Kebumen, bersebelahan dengan kantor Bupati dan alun-alun Kebumen
Tepatnya di jalan Veteran No.1 Kebumen 54316
No telfon : (0287)384933/385662/6601250
Website : perpusda.kebumenkab.go.id

Jam Buka
Senin - Kamis pukul 08.00 - 15.30
Jumat 08.00 - 11.00 dan 13.00 - 15.30
Sabtu - Minggu 08.00 - 15.30

Berkunjung ke perpusda adalah pengalaman yang menyenangkan, jangan dibayangkan perpusda hanya berisi buku dan membosankan, hilangkan pikiran itu.

Perpusda sekarang sangat menyenangkan, tempatnya bagus, fasilitasnya lengkap, tidak hanya untuk baca buku ke perpusda kebumen juga pilihan tepat untuk berwisata atau untuk sekedar momong anak.

Instansi perpusda Kebumen berada di bawah dinas kearsipan dan perpustakaan.
Halaman dan tempat parkir yang luas, sangat memudahkan kita ketika datang ke sini. 

Kalian wajib mengunjungi Perpusda Kebumen, nikmati suasana perpustakaan yang tidak membosankan.

Ada apa saja di perpusda Kebumen ?

1. Taman Bermain Anak

Pertama kali datang ke perpusda Kebumen, anak-anak biasanya langsung gagal fokus ke mainan, langsung berlari ke wahana bermain anak, karena lokasinya tepat di depan pintu masuk. Ke perpusda hanya untuk bermain di sini juga bisa banget lho.

2. Pusat Info Geopark

Bergeser sedikit, peris di depan perpusda kebumen pusat informasi geopark Karangsambung Karangbolong.
Di Kebumen ada wisata dan pusat penelitian geologi, di sini kalian bisa mendapat segala informasi berkaitan dengan tempat tersebut.

3. Mushola

Melewati waktu sholat ketika datang ke perpus? Tenang, musholanya berada di depan perpusda, rame, ga perlu takut sholat sendirian. Karena biasanya mushola di tempat umum tempatnya di belakang atau terpisah dengan keramaian.

4. Teras Perpusda

Selamat datang di Perpustakaan Kabupaten Kebumen, tulisan pertama yang menyambut kalian sebelum memasuki perpustakaan ini. Mirip dengan perkantoran-perkantoran pada umumnya. 

5. Ruang Baca yang keren

View tempat duduk yang keren, malah serasa seperti cafe-cafe yang sedang ngetren saat ini, cuma kalo di sini santapannya bukan makanan tetapi buku, nutrisi otak kalian, mantaap sekali ya.

6. Koleksi Buku-buku

Kalian mau mencari tema apa semua ada di sini, bagaimana cara mencarinya ? Ada alat AL untuk membantu mencari lokasi buku yang kalian cari. Memang tidak semudah tinggal pesan di warung makanan buku datang sendiri, di sini Kalian ingin mencari buku apa ya dicari sendiri.

7. Ruang Baca & Bermain Anak

Punya anak balita mau dibawa ke perpusda, ah takut cuma ngrecoki saja, tidak Ferguson, di perpusda kebumen ada tempat khusus untuk anak, dengan segala mainan dan buku-buku anak yang lucu-lucu dan warna-warni, ruangnya pun di desain khusus untuk anak-anak. Bakal betah balita di bawa ke sini, tapi orang tua harus mendampingi ya.

8. Ruang Meeting 

Ada ruang khusus komputer, saya kurang begitu paham apakah ruang ini bebas di pakai oleh pengunjung, atau hanya untuk kepentingan tertentu, lumayan banyak komputernya, Jika memang bisa digunakan untuk umum, keren banget lhoo.

9. Ruang koran dan majalah 

Ruang koran dan majalah terpisah dari koleksi buku-buku, ada penikmat khusus yang senang membaca koran dan buku atau ada yang membutuhkan sesuatu dari koran dan buku sehingga mudah dicarinya.

10. Ruang laktasi

Sebagai seorang ibu saya senang sekali, sekarang dimanapun tempatnya sopnya harus ada ruang laktasi, program pemerintah yang sangat pro dengan ibu dan balita. Tidak hanya untuk menyusui, tempat ini bisa digunakan untuk memompa asi pengunjung atau pegawai Perpusda Kebumen.
 
11. Tempat Tongkrong

Hanya ingin tongkrong dan wifinan di perpusda? Bisa banget, di depan ada gasebo yang bisa dipakai sebagai tempat belajar bersama, diskusi, mengerjakan tugas sekolah atau yang ingin memanfaatkan fasilitas wifi.

12. Banyak penjual jajan

Lapar ? Di sepanjang jalan depan perpusda berderet penjual jajanan, mau apa? Bakso, mie, seblak, lutis, batagor, degan, es, dan banyak lainnya tinggal memilih saja.
 
13. Membuat Kartu Perpusatakaan (untuk umum)

 
Dikutip dari web perpusda, syarat membuat kartu perpustakaan
WNI
  • Usia minimal 5 tahun
  • Menunjukkan KK atau tanda pengenal untuk pra sekolah
  • Membuat surat keterangan dari Rt atau kantor setempat
  • Datang langsung untuk foto 
 
14. Absen dan Pencarian Buku Digital
 


 Minimal berusia 5 tahun Warga negara Indonesia domisili di Kebumen Menunjukkan tanda pengenal atau Kartu Keluarga bagi anak usia pra sekolah Mengisi formulir pendaftaran anggota kemudaian mintakan tanda tangan dan cap Ketua Rt / Rw atau Kepala Instansi tempat Saudara sekolah / bekerja. Datang langsung ke bagian layana untuk foto dan cetak kartu anggota.
Sumber : https://perpusda.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/187/keanggotaan-perpustakaan
Yuh main dan baca buku di perpusda Kebumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar