Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 14 Februari 2023

Pertama Kali Naik Kereta Pramek Bersama Anak, Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan ?

Pertama naik kereta Pramek adalah hal yang exited sekali, apalagi anak-anak mereka tentunya akan antusias sekali. Kereta Pramek adalah kereta tujuan Kutoarjo - Jogjakarta, yang menjadi idola warga sekitar Kutoarjo.  Bepergian bersama anak menggunakan transportasi kereta api juga diperlukan persiapan supaya bahagia dan nyaman untuk anak dan tentunya orang tua.

 

Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum pergi dengan anak menggu akan transportasi kereta api ?

 

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Kereta Pramek adalah transportasi yang sangat diminati masyarakat, tiket sangat cepat habis, apalagi jika weekend. Jangan sampai kehabisan tiket saat sudah cerita ke anak. Pesan tiket 3-4 hari sebelum keberangkatan.

 

2. Ngobrol dengan Anak

Jelaskan ke anak tentang rencana bepergian setelah tiket kereta Pramek terpesan, jelaskan tujuan pergi, aturan-aturan di kereta, apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan di dalam kereta.

 

3. Tunjukkan gambar dan video tentang kereta

Menunjukkan video atau gambar kereta, suasana di dalam kereta, suara kereta, petugas-petugas di dalam kereta, dan banyak hal yang berkaitan dengan kereta, supaya anak ada gambaran tentang kereta yang akan dia naiki.

 

4. Rencanakan tujuan pergi

Bepergian wajib punya tujuan yang jelas, mau kemana saja, jangan sampai bingung mau kemana saat sudah di lokasi, hal ini berkaitan dengan transportasi, makan, uang dan tempat wisata yang akan dikunjungi

 

5. Datang lebih awal ke stasiun

Lebih baik menunggu sesaat dari pada panik takut ketinggalan kereta, terlebih kereta Pramek adalah kereta tanpa nomor duduk, walaupun tempat duduknya sudah seperti kereta pada umumnya, kereta api Pramek masih menerapkan metode siapa cepat dia dapat. Jadi yang membawa anak kecil harap mempersiapkan diri.

 

6. Memilih tempat duduk di pinggir


Duduk di pinggir membuat anak leluasa menikmati pemandangan sepanjang jalan. Mengeksplor keingintahuannya tentang dunia luar 

 

7. Siapkan makanan bekal kesukaan anak

Makanan kesukaan anak wajib dibawa, walaupun di lokasi wisata atau di stasiun juga mungkin ada, lebih ayem dan biasanya di lokasi wisata atau stasiun harganya jauh lebih mahal.

 

8. Pakai pakaian ternyaman

Emak-emak ini yang biasanya mengedepankan model baju anak, biar keren kalo difoto, tapi tetep nomor satu adalah kenyamanan dan kemudahan untuk bergerak kesana kemari.

 

9. Bawa Mainan anak 

Ada kalanya anak badmood, bosen atau hal lain, keluarkan senjata mainan anak yang membawa dari rumah, tentunya mainan yang mudah dibawa dan ringkas. Anak akan menikmati bermain serasa di rumah sendiri.

 

10. Rencanakan transport dari dan ke stasiun


Sekarang lebih mudah transportasi dengan grab, bisa menyiapkan ovo atau sejenisnya untuk memudahkan transportasi, atau jika mau naik transportasi lain baik itu umum dan tradisional bisa juga menjadi alternatif. 

 

11. Biarkan anak eksplor


Pertama naik kereta pasti anak akan kepo ingin kesana kemari, ikuti saja dan jelaskan keingintahuan dia, asalkan tidak mengganggu penumpang lain.

 

12. Dokumentasi setiap kegiatan


Dokumentasi menjadi kenangan kelak mereka dewasa, kenangan pertama naik kereta dan banyak hal lainnya. Jangan sampai foto-foto membuat kegiatan keluarga kurang dekat karena hanya fokus ke dokumentasi.

 

13. Beli oleh-oleh kesukaan anak

Bisa membeli kaos ditempat wisata atau aksesoris yang akan mengingatkan dan untuk bahan cerita sepulang naik kereta.

 

14. Siapkan obat-obatan, pakaian ganti, tisu dan sejenisnya

Bepergian dengan anak kecil, tiba-tiba muntah, perut kembung, pusing adalah hal yang perlu diantisipasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar