Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 19 Februari 2023

Kecerdasan Buatan, Apa Saja Kecerdasan Buatan di Laboratorium IPA SMA ?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah kecerdasan buatan.


Apa itu kecerdasan buatan ?
Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau bisa disebut juga intelegensi artifisial (bahasa Inggris: artificial intelligence) atau hanya disingkat AI, didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. 

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.[1] Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. 

Tema tulisan mingguan tentang kecerdasan buatan, membuat saya belajar dan perpikir akan hal tersebut. Mencari info dan menuliskannya, karena menulis adalah langkah awal tercapainya tujuan. Bismillah.

Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem ya, permainan komputer, logika kabur, jaringan saraf tiruan dan robotika.(wikipedia.com)

Awal mula muncul
Munculnya IL berbarenhan dengan munculnya komputer, semakin kesini IL semakin pesat berkembang di berbagai bidang

Tujuan
Dengan munculnya kecerdasan buatan, harapannya utamanya untuk memudahkan aktifitas manusia dalam segala hal. Kemudahan ini diharapkan manusia terus berkembang, maju dan berinovasi. Atau malah sebaliknya ya ?

Saya bekerja di Laboratorium Sekolah, yang ingin menerapkan kecerdasan buatan untuk memudahkan segala kegiatan di dalam laboratorium. 
Rencana kebaikan semoga selalu diberi kejernihan dan kecermelangan pikiran untuk selalu berkembang.

9+ Kecerdasan Buatan di Laboratorium IPA SMA

1. Media Sosial

Kehidupan dan aktifitas tidak terlepas dari media sosial, media sosial sudah seperti kebutuhan pokok. Begitu juga laboratorium yang memiliki Medsos, media untuk berbagi kegiatan di laboratorium, untuk menyimpan dokumentasi di laboratorium jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Berbagai medsos yang sedang viral sudah dimiliki dari Instagram, YouTube dan next tiktok


2. Website

Selain medsos website juga kebutuhan di dunia maya, google adalah pintu menuju kemanapun, dari sinilah muncul ide untuk berbagi tentang laboratorium kepada sesama. Timbal balik terhadap sesama, kita butuh membuka google, kita juga harus berbagi kepada google dan sesama.

3. Alat dan Praktikum virtual

Next praktikum saya berpikir bahwa praktikum di laboratorium bukan menjadi kewajiban, bisa dilakukan di manapun dan kapanpun , bagaimana caranya ? Ya salah satunya dengan kecerdasan buatan, apa itu ? Alat,bahan dan praktikum virtual. Dengan program atau aplikasi yang terhubung internet, siswa atau mahasiswa bisa mengetahui jenis alat atau bahan hanya dengan internet.
Praktikum fisika, kimia, biologi tidak harus di lakukan di laboratorium. Data bisa langsung di dapatkan dari aplikasi tersebut. Contoh aplikasi ini adalah ms flash.

4. Pengumpulan laporan online

Laporan praktikum adalah kewajiban praktikan setelah melakukan praktikum, laporan ini berisi penjelasan semua yang telah dilaksanakan saat praktikum, dari alat bahan, prosedur, data, analisa,sampai kesimpulan.
Pembuatan laporan bisa online dengan kecerdasan buatan berupa aplikasi dan pengiriman pun dari aplikasi tersebut.

5. Aplikasi alat dan bahan di laboratorium

Laboratorium IPA terdiri dari laboratorium fisika, kimia dan biologi, semuanya memiliki administrasi yang terpisah dari buku jurnal, buku alat bahan dan banyak yang lainnya.
Next laboratorium bisa memiliki kecerdasan buatan berupa aplikasi yang bisa
✓ menjelaskan semua alat bahan beruba gambar dan keterangan
✓ menunjukkan lokasi alat dan bahan
✓ menjelaskan fungsi dan cara kerja alat
✓ menjelaskan cara kerja praktikum 
✓ menjelaskan fasilitas di laboratorium
✓ menjelaskan keselamatan kerja
✓ bisa untuk berinovasi menciptakan karya
✓ mendata alat bahan baru
✓ mendata alat dan bahan rusak
✓ dan banyak lainnya

6. Aplikasi absen siswa & guru

Lagi-lagi kecerdasan buatan sangat membantu manusia dalam hal absen, tidak perlu tulis-tulis cukup dengan finger print atau face print kita bisa absen, begitu juga untuk laboratorium IPA, sepertinya sudah membutuhkan alat ini, untuk mendeteksi siapa saja yang berkepentingan di laboratorium IPA

7. Hasil-hasil penelitian siswa&guru

Tujuan praktikum salah satunya adalah membuktikan lalu menghasilkan karya. Karya-karya yang terbentuk dari awal, proses dan akhir terdokumentasi dan hasilnya di pamerkan untuk memotivasi siswa di laboratorium.

8. Aplikasi belajar Fisika, Kimia, Biologi


Laboratorium IPA, saya ingin di laboratorium adalah hal yang mempermudah siswa belajar teori dan praktik, dari soal-soal, materi penjelasan dan banyak lainnya. Jadi di laboratorium bisa belajar teori dan praktik juga .

9. Program-program laboratorium

Ke 7 hal di atas adalah program laboratorium IPA, suksesnya program merupakan dukungan dari semua lini di instansi, semoga semua berjalan lancar dan sukses.

10. Aplikasi di hp tentang praktikum dan fisika

Untuk memudahkan penggunaan, aplikasi yang diinstal di hp sangat lebih memudahkan, siapa saja bisa download dan penggunaan bisa serentak jika banyak penggunanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar