Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 10 September 2023

Mengunjungi Pameran Buku Bersama Anak, Apa Sih Manfaatnya ?


Mengunjungi pameran buku adalah hal yang disukai anak-anak, terlebih anak-anak yang mencintai buku. Adanya pameran sangat ditunggu-tunggu, karena memang jadwalnya tidak pasti dan tidak bisa ditentukan. Begitu ada spanduk atau pamflet pameran buku rasa menggebu, ingin segera mengunjungi pameran buku.


Begitu sampai di lokasi pameran buku, anak akan antusias ke sana kemari, melihat ini itu, dan yang lebih bikin mereka happy adalah ada barang lain selain buku di pameran buku, tidak setuju saya sebagai orang tua jika seperti ini, barang lain yang dimaksud adalah mainan anak, walaupun sudah dipeseni yang namanya anak selalu kepo jika ada hal yang menarik bagi mereka.


Mengunjungi pameran buku bersama anak-anak mempunyai maksud dan tujuan, sama seperti mengajak anak pergi ke supermarket.


Apa Sih manfaat mengajak anak ke pameran buku ?

1. Menanamkan rasa mencintai buku
Anak yang terbiasa membaca buku akan antusias jika disuruh membeli buku, karena ada bacaan baru untuk mereka. Semakin tambah koleksi buku mereka semakin mereka mencintai buku.

2. Menambah wawasan berbagai jenis buku
Anak-anak biasa membaca buku anak, dan kebanyakan buku anak-anak, buku tentang dunia mereka, dengan mengunjungi pameran buku mereka jadi tahu berbagai jenis buku, tidak hanya buku yang biasa mereka baca saja.

3. Mengajarkan pentingnya menabung
Supaya bisa membeli buku kesukaan anak, anak diharuskan menabung, mereka harus mengumpulkan sejumlah uang supaya bisa membeli buku.l, walaupun sebetulnya orang tua ada uang, tapi ajarkan mereka jika akan mendapatkan sesuatu butuh usaha dan pengorbanan.
 
4. Melatih anak menentukan pilihan
Ada banyak sekali pilihan buku di pameran buku, dari berbagai tema dan berbagai penerbit, anak tentunya akan dihadapkan pada banyak pilihan ,biarkan mereka belajar menentukan pilihan berdasarkan insting mereka dari segi tema, harga dan kualitas buku.

5. Rekreasi bersama keluarga
Pergi ke pameran buku tentunya harus keluar rumah, dengan keluar rumah bersama keluarga menjadi  time ke pameran buku, cari buku sekalian rekreasi judulnya.

6. Melatih bisnis kepada anak
Di pameran buku ada berbagai penerbit dan juga vendor, harga buku bersaing dengan ini anak jadi tahu, ada penjual dan pembeli, penjual mendapat laba dari hasil jualan buku dan pembeli mendapat buku.

7. Belajar transaksi uang
Anak diberi sejumlah uang dari rumah, dan mereka diajarkan membeli sesuai dengan dana yang ada, membayar sendiri dan mendapat kembalian, latihan transaksi keuangan.

8. Melestarikan budaya literasi
Literasi jaman sekarang itu selalu dikedepankan, selalu berusaha melestarikan literasi menjadi insyaallah akan bermanfaat untuk anak dan orang tua.


Pameran ini ada di Gedung Tulus Kebumen, pameran buku sering di adakan di sini, walaupun jadwalnya tidak tetap, setahun bisa 3-4 kali diadakan pameran dan sepertinya pengunjungnya adalah tetap di setiap event, selalu rutin diadakan pameran berarti di Kebumen ada pelanggan setia pameran buku. 


Semoga budaya literasi warga kebumen semakin meningkat, dengan rutin diadakannya pameran buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar