Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Sabtu, 12 Agustus 2023

Asyiknya Bermain di Taman Kota Kebumen

taman kota kebumen

Di Kebumen ada tempat bermain yang lokasinya sangat strategis, di pusat kota Kebumen. Taman ini sudah lama berdiri. Banyak yang tidak tahu tentang taman ini, karena dari luar memang terlihat sepi, pagar yang menghubungkan dengan jalan utama di tutup, saya yakin ada maksud dan tujuannya mengapa pagar tersebut di tutup.

Beberapa pekan lalu, kami niatkan mengunjungi kembali taman kota dan mendokumentasikan beberapa spot di area ini, anak sangat antusias walaupun sudah pernah ke sini sebelumnya. 

Taman Kota Kebumen seperti apa sih ?

Tempatnya sangat strategis


Taman kota kebumen terletak di Jalan Ahmad Yani Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, tepat di pertigaan jalan Indrakila, dekat dengan Rs Permata Medika, 1 km dari tugu lawer kebumen, dan 1,7 km dari alun-alun Kebumen. 
Jika ingin ke sini masuknya lewat pintu belakang ya, karena pagar depan ditutup dan area parkir juga ada di belakang.

Area Bermain Anak


Begitu masuk ke area taman kota Kebumen, langsung disambut dengan area bermain anak yang beraneka macam, dari ayunan, perosotan, meja putar dan banyak mainan lainnya. Area bermain ini beralaskan pasir halus laut, ditinjau dari segi keamanan memang lebih aman karena jika anak terjatuh lebih aman dibandingkan dengan beton, dari sisi yang lain, jika yang bermain masih dibawah 1 tahun beresiko terkena mata, sehingga orang tua wajib mendampingi saat anak bermain.

Beberapa mainan di tempat ini sudah mulai rusak, terowongan besi mulai keropos di tengah-tengah, sangat bahaya jika anak bermain, keroposannya membentuk gerigi-gerigi tajam, jika terkena tangan atau lutut terbuka bisa berbahaya. Meja putar juga sudah tidak berfungsi baik, panjatan tali juga mulai rusak. Butuh kesadaran perawatan dari semuanya, saling menjaga dan merawat peralatan di tempat umum.

Pendopo Untuk Tempat Berkumpul


Ada beberapa pendopo di taman kota Kebumen, bisa dimanfaatkan untuk mengadakan pertemuan-pertemuan atau acara-acara lomba, sering diadakan lomba-lomba anak di taman kota kebumen, atau sekedar acara keluarga, membawa bekal dan dimakan bersama di tempat ini. Jika untuk acara resmi apakah harus booking tempat dulu atau tidak mungkin ada prosedurnya yang belum saya ketahui.

Belajar rambu-rambu Lalu Lintas


Berbagai rambu lalu lintas ada di taman kota Kebumen, anak bisa belajar secara langsung arti rambu-rambu lalu lintas dan praktik langsung di jalannya. Taman kota Kebumen bisa dinamakan taman edukasi juga, karena memang banyak edukasinya di tempat ini.

Replika Jembatan


Replika jembatan juga ada di taman kota Kebumen, jembatan di sini hanya bagian atasnya saja, jika untuk orang dewasa besi warna-warni tersebut bisa untuk olahraga angkat tubuh.

Jalan Beraspal Semua


Karena temanya lalu lintas, seluruh jalanan pun beraspal seperti jalan asli, lengkap dengan rambu-rambu di aspal. 
Karena jalannya beraspal cocok digunakan untuk bersepeda anak atau membawa mobil-mobilan aki. Jalannya bagus, tanpa hambatan.

Halte Lalu Lintas


Sama seperti lalu lintas pada umumnya, di taman kota Kebumen pun ada haltenya, anak jadi tahu apa itu halte fungsinya untuk apa dan juga untuk tempat kongkow juga.

Replika Lalu Lintas


Selain lampu lalu lintas, marka jalan sudah ada lengkap, begitu juga dengan zebra cross, karena itu lebih menyenangkan jika anak datang kesini membawa sepeda atau mobil ber aki.

Tempat Duduk Bersantai


Dari kejauhan ada lingkaran, pinggirnya tempat duduk melingkar, sambil menunggu anak bermain tempat duduk ini bisa dimanfaatkan.

Kolam Ikan dan Air Mancur


Kolam ikan berbentuk lingkaran lengkap dengan air mancurnya, tetapi saat saya ke sini air mancurnya tidak menyala atau karena rusak.

Ada Ruko-Ruko Tetapi Kosong


Di taman kota kebumen banyak kios kios, tetapi kios ini kosong dan tidak ada yang memanfaatkannya, tujuannya mungkin untuk kios makanan atau souvenir-souvenir yang disediakan untuk pengunjung, sayang sekali semua kios tidak ada yang menyewa mungkin karena pengunjungnya sedikit.

Ada Gasebo-gasebo


Gasebo-gasebo di taman kota kebumen lumayan banyak begitu juga dengan tempat duduknya, namun ada juga oknum yang menyalahgunakan tempat ini bukan untuk sesuatu yang bermanfaat, pasangan-pasangan tidak halal sering mojok dan bermesraan di sini, memberi contoh yang tidak baik untuk orang lain dan juga merusak nama baik taman kota kebumen sendiri.

Replika Tugu Walet Kebumen


Tugu lawet Kebumen menjadi simbol dari Kabupaten Kebumen, tugu lawet sesungguhnya ada di depan pasar tumenggungan Kebumen, tetapi replika tugu lawet bisa di lihat di taman kota kebumen.

Perkirannya Luas


Parkiran taman kota Kebumen ada di pintu jalan Indrakila, bagian depan taman kota pagarnya tidak dibuka, jadi aksesnya hanya satu pintu, lewat belakang, parkiran luas untuk mobil dan motor, beberapa kali kesini parkiran selalu ada tempat.

Berbagai jajanan juga ada di sini, di area parkir dari cilok, baso kuah, angkringan, dan berbagai jajanan idola saat ini.

Tersedia Mushola


Mushola bersebelahan dengan tempat parkir, belum pernah sholat disini, ketika bepergian kesini dan melewati waktu sholat bisa sholat disini ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar