Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 08 Oktober 2023

Jalan-Jalan Pagi ke Pasar Tumenggungan Kebumen

Kepengen merutinkan jalan sehat setiap hari Jumat pagi dengan rute yang berbeda, Jumat pagi kali ini rute jalan sehat kami ke pasar Tumenggungan Kebumen.

Berniat jalan kaki sekaligus belanja kebutuhan sayuran dan perbumbuan. Yuk mari berjalan dengan niat pertama olahraga supaya sehat


Pasar Tumenggungan Kebumen berada di pusat kota Kebumen, bersebelahan dengan tugu lawet Kebumen. Pusat pasar Kabupaten Kebumen. Berada di  Jalan Soekarno Hatta Kebumen.


Ada 4 pintu masuk di pasar Tumenggungan Kebumen, 1 di selatan, 1 ditimur dan 2 di Utara. Semua pintu bisa keluar masuk, jadi lumayan mengurangi ramainya akses keluar masuk.


Ada penjual degan atau air kelapa muda langganan teman, saking ahlinya mengupas kelapa, dalam beberapa menit saja sudah bisa mengupas banyak, harganya juga di bawah standar, penjual ini ada di sebelah selatan, di depan deretan toko-toko menggunakan Viar.


Ini adalah pintu masuk pasar Tumenggungan sebelah barat. Bagi orang umum yang jarang kesini, pergi ke pasar itu bingung karena saking banyaknya penjual,kadang kepengen beli karena kasihan sepertinya ga laku.

Sebagian besar orang mungkin ke pasar mereka sudah punya langganan sendiri-sendiri, mau beli ini kesini, mau beli itu kesana. Jadi ke pasar langsung jelas tujuannya. Harus begitu kah ?

Pasar Tumenggungan ada 2 lantai, lantai 1 untuk sayur dan kebutuhan pokok lainnya, sedangkan lantai 2 untuk pakaian dan sejenisnya. Awal mula dibangunnya pasar ini ada eskalatornya, menjadi pusat perhatian tersendiri. Ingin kepasar biar naik eskalator.


Tiap jalan-jalan ke sini di jam pagi, ada jajanan sehat yang wajib dibeli, kupat pecel, penjualnya ada di lorong paling barat, laris sekali , sampai harus antri, berapa harganya ? Bisa pesen berapa pun, biasanya saya beli 10 ribu jadi 4-5 bungkus. Yang jual ibu-ibu tempatnya di sebelah barat lorong menghadap timur. Kalau siap biasanya sudah habis.


Satu lagi temannya pecel ada getuk, yang jual Simbah Simbah sudah sepuh banget, semangatnya luar biasa. Biasanya reques harga 10 ribu bisa jadi 5-10 jadi porsi kecil. Bermacam macam getuk dari getuk pero, kecrek, ciwel, getuk keprok dll.
Penjual getuk ini ada di depan penjual pecel tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar