Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Sabtu, 21 Oktober 2023

Kerennya Jalan Soetta , Malioboronya Kebumen



Siapa sih yang belum pernah ke Malioboro, pasti kebanyakan orang sudah pernah semua, walaupun hanya lewat. Entah mengapa kalo lewat jalan Malioboro kesetrum sensasinya yang Jogja bangeeeet.


Kangen ke Malioboro ?
Warga kebumen sekarang tidak perlu jauh-jauh ke Jogja jika hanya kangen sensasinya. Di Kebumen sudah ada Malioboro ke lhooo.

Lhooo, dimana ?
Di Jalan Soetta, dulu namanya Jalan Ahmad Yani, Jalan Tugu Lawet Kebumen ke arah barat. Sudah ada bayangan kan lokasinya ?


Malioboronya Kebumen

Dulu jalan ini adalah jalan raya pada umumnya di pusat kota kabupaten, seiring perkembangan jaman, pemerintah kabupaten merenovasi jalan ini menjadi jalan dengan konsep kekinian dan instragamable, kata yang lagi in saat ini, semuanya berbau instragamable. Saya yakin niat pemerintah kabupaten itu baik, menjadikan jalan Soetta menjadi keren seperti sekarang, dan tentunya pasti ada pro kontra pembangunan jalan ini.


Kursi Aestetik

Di sepanjang jalan Soetta diberi kursi, dan kursinya itu Aestetik dari segi bentuk, model dan warnanya. Kaya kursi di Malioboro kan ? Kursi tersedia lumayan banyak, di sepanjang jalan Soetta. Kursi berbahan kayu dan besi, dimodel tidak bisa bergeser atau permanen jadi aman dari tindak kejahatan. Semoga aman juga dari para seniman lukis.


Tempat Jalan Sehat

Trotoar yang luas dan instragamable membuat akses pejalan kaki diuntungkan, sekarang lebih lega dan leluasa berjalan di trotoar sepanjang jalan ini. Jalan kaki dari ujung ke ujung Jalan Soetta


Tempat Berfoto-Foto


Penataan jalan dan penempatan ruang membuat Jalan Soetta itu bagus untuk berfoto di setiap sisinya. Ada berbagai view di jalan Soetta. Jika sekilas foto di jalan Soetta itu mirip di Malioboro


Pusat Jajanan Kalo Malam


Di dekat tugu lawet Kebumen,sekarang di jadikan pusat kuliner dan hanya buka ketika malam, jadi sambil tongkrong menikmati makanan , juga menikmati view tugu lawet Kebumen, aah si sweet banget yaa. Kedepan mungkin bakalan ada live music atau hal lain yang lebih keren.


Banyak Tempat Istirahat


Kursi di sepanjang jalan Soetta itu bentuknya unik, benar-benar mirip kursi Malioboro, kursinya dipasang permanen, tidak bakal diboyong orang, musuhnya adalah keisengan mencorat-coret. Perlu meningkatkan kesadaran warga kebumen akan pentingnya menjaga fasilitas umum. Bagi para anak, lansia, ibu hamil adanya kursi ini tentu sangat membantu, lagi jalan capek ya istirahat saja, duduk di kursi.


Jalan Pusat Kota Kebumen


Sudah terkenal jika jalan Soetta itu adalah jalan di pusat kotanya kebumen, jalan menuju alun-alum Kebumen, jalan ke pusat perbelanjaan, jalan penuh gemerlab lampu jika malam, dan jalan yang nuansanya itu kota banget.


Lampu Simbol Lawet


Lampu-lampu disepanjang jalan Soetta ada ikon Kebumen yaitu burung walet, Kebumen banget kalo ada ikon ini. Kebumen yang luar biasa keren.


Tempat Nongkrong

Ini nih secuil penampakan tempat nongkrong di Jalan Soetta. Kursi yang berderet ini digunakan jika malam hari jika siang yang seperti pada foto. Mendapat kabar bahwa Jalan Soetta sedang dalam proses terus dibenahi dan dikelola.


Ada Jalur Khusus Sepeda


Di jalan Soetta sekarang ada jalur khusus sepeda dan Alhamdulillah bisa tertib walaupun awal-awal ya tetep jalur itu dilalui oleh motor bahkan mobil. Semoga ke depan semakin tertib lagi.

Parkir Kendaraan Jadi Teratur


Sepanjang jalan yang tadinya penuh dengan parkiran kendaraan sekarang jadi rapi, parkir sepeda motor langsung naik ke trotoar depan toko masing-masing, mobil di drop off yang disediakan. Jadi sepanjang jalan utama terlihat rapih, tidak seperti sebelumnya.

Jalan Searah


Jalan Soetta itu tadinya dua arah, sekarang menjadi satu arah, begitu juga dengan jalan-jalan dipusat kota kebumen, ada pemberlakuan baru, awalnya muncul pro kontra, dan juga kebingungan warna karena aturan baru, dengan berjalannya waktu sekarang sudah mulai terbiasa. Kekurangannya sekarang ke manapun tidak boleh sembarangan belok harus tahu jalur, kelebihan, jadi lebih tertib dan terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar