Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Selasa, 10 Oktober 2023

Kupat Tahu Bu Jum Pasar Prembun

Setiap daerah punya kuliner yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Rasanya pun khas tidak ada yang menyamai. Di Prembun ada makanan khas legendaris namanya kupat tahu atau tahu kupat. Di daerah lain mungkin namanya bisa berbeda ada yang namanya tahu uleg ada juga yang menyebut tahu campur.

Penjual Legendaris

Bu Jum adalah penjual legendaris tahu kupat di Pasar Prembun, pasar Prembun kulon. sudah berjualan sejak saya belum mungkin. Ibunya sudah lumayan sepuh. Satu keluarganya semuanya berjualan tahu kupat di tempat-tempat yang berbeda, konon katanya kupat tahu Bu Jum lah yang paling banyak pelanggannya. Walaupun tidak yang antri panjang ibaratnya viral, tetapi ada saja pembelinya, termasuk saya ini.

Kupat tahunya berbeda

Lho kok berbeda ?
Kupat tahu di daerah Prembun itu tidak menggunakan bumbu kacang , tetapi bumbunya pakai kuah khusus, bentuk dan warnanya mirip kuah empek-empek, cair dan kecoklatan. Kuahnya itu encer tidak kental.

Rasanya Khas

Hanya di Prembun sepertinya yang kupat tahunya itu khas dan rasanya khas. Khas yang seperti apa? Rasanya kuat di gula Jawa tapi tetap beraroma bumbu. Kalo kebanyakan di lain daerah kupat tahunya kan berbumbu seperti pecel atau lotek berbumbu dasar kacang, tetapi ini ga, ada kacangnya tapi ada kuahnya khasnya juga. Kacangnya diuleg kasar dipiring pakai ulegan.

Lokasi berjualan

Kupat tahu Bu Jum berjualan di dalam pasar Prembun, di deret paling timur atau lorong paling timur menghadap barat. Satu deret dengan mie Ayam Slamet yang terkenal juga di Prembun dan sekitarnya. Di sebelah Utara Bu Jum ada penjual tahu kupat juga, saya belum pernah membeli tahu kupat di sebelahnya Bu Jum. Jika ke Bu Jum lebih enak parkir kendaraan di timur pasar, lalu jalan masuk ke dalam, lebih praktis kalo menurut saya. Jika bingung bisa tanya orang atau tukang parkir.

Isinya Apa Saja ?

Kupat tahu Bu Jum isiannya itu karena namanya kupat tahu ya wajib ada kupat, tahu kuning/putih, kubis, kecambah hijau.
Bumbu di uleg : kacang tanah, bawang putih, cabai.
Kuah kupat tahu.

Kalo ada orang beli, langsung digorengkan tahu yang sudah dipotong kecil-kecil. Sambil menunggu goreng tahu matang, disambi uleg bumbu di piring, kacang tanah, bawang putih dan cabai.

Gorengan tahu diletakkan di piring, ditambah kecambah dan tauge lalu disiram dengan kuah tahu kupat. 

Harga

Harga tahu kupat Bu Jum satu porsi 12 ribu , dan bisa juga pesan setengah porsi 8 ribu. Kalo untuk perempuan seperti aku pesen porsi setengah itu sudah sangat cukup dan kenyang.

Kemasan


Kupat tahu Bu Jum itu walaupun tempatnya di pasar , bukan tempat yang mewah tapi rasanya mewah. Jika makan ditempat maka memakai piring, tetapi ketika dibungkus maka bungkusannya hanya pakai plastik biasa. Tanpa ada kemasan-kemasan lain. Bisa pesen supaya kuahnya dipisah saja jika tidak akan langsung dimakan.

Yakin ga kepengen menikmati kupat tahun khas Prembun ???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar