Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Kamis, 26 Oktober 2023

Jalan-Jalan Sore di Waduk Pejengkolan


Berwisata murah meriah, tapi mewah dan berbau teknologi, kok kelihatannya keren sih. Apa sih itu? Apa sekeren itu ?

Sore hari anak mengajak main, ingin yang dekat-dekat saja tapi tidak ingin ke pusat perbelanjaan atau alun-alun. Akhirnya muncul ide untuk jalan-jalan melihat bendungan Penjengkolan. Anak-anak belum pernah kesini dan saya pun sudah lama tidak ke Bendungan Penjengkolan, penasaran apa ada yang baru di sana.
  

Lokasi

Bendungan Pejengkolan berada di Desa Pejengkolan, dari rumah kami berjarak kurang lebih 8 km. Ada berbagai akses untuk bisa ke lokasi  bendungan Pejengkolan. 

Akses terdekat dari rumah kami di Bonorowo yaitu lewat jalan Wadaslintang ke Utara kurang lebih 4 km, nanti belok kiri dan mengikuti jalan naik kurang lebih 2 km, maka akan langsung sampai di bendungan Pejengkolan.

Akses kedua dari Kutowingan atau dari arah barat, bisa dari pasar Kutowinangun atau pertigaan Ungaran ke Utara kurang lebih 5 km.

Pintu Air Waduk Jembangan


Bendungan Pejengkolan adalah pintu air dari Waduk Jembangan yang dialirkan ke saluran-saluran air di sekitar daerah itu. Ada jam buka tutup air bendungan, dan saya penasaran pemandangan saat air bendungan di buka, kayaknya  keren banget lho. Diatas bendungan ini ada jembatan, jembatan ini djadikan akses warga sekitar untuk pergi-pergi.

Dekat dengan Waduk Jembangan

Bendungan Pejengkolan merupakan pintu air dari Waduk Jembangan. Jika ke bendungan ini, sempatkan juga ke waduk Jembangan, dari kejauhan sudah terlihat luasnya waduk Jembangan yang luas dan indah. Sekitar 500m bisa sampai ke Jembangan Wisata Alam, dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Aksesnya Semakin Mudah

Konon katanya dulu akses ke bendungan ini sangat sulit, jalannya sulit dilewati, harus menggunakan roda dua, sekarang untuk ke bendungan Penjengkolan dari rute manapun bisa ditempuh dengan mobil, dari arah Prembun bisa menggunakan kendaraan roda 4, jalan semuanya beraspal sampai bendungannya. Sedikit berbelak belok tapi masih kategori mudah dijangkau.

Bumi Perkemahan

Saya pernah bermalam di waduk Pejengkolan sekitar tahun 2011 pada acara Pramuka mendampingi siswa. Di sekitar waduk pejengkolan ada rumah yang sepertinya memang dikhususkan untuk semacam kegiatan perkemahan. Malam ada acara di luar, pagi bangun tidur kegiatan jalan pagi dengan view yang keren. Bisa menjadi alternatif jika akan mengadakan sejenis perkemahan.

Melihat Air Terjun

Saya belum pernah melihat saat pintu air dibuka dan ribuan kubik air mengalir dalam hitungan detik, bisa dibayangkan bakalan keren atau malah bakalan menakutkan membayangkan yang tidak-tidak ya. Jadi serasa lihat air terjun buatan kan ya sepertinya. Lihat air terjun tapi tidak di pegunungan waow keren.

Tempatnya Bersih


Sepanjang jalan menuju bendungan Penjengkolan itu jalannya bersih, kanan kiri jalan masih banyak lahan kosong jadi memang lumayan sepi tapi ya masih ada beberapa orang melintas, banyak anak sekolah melintas juga, terakhir kesini naik motor sendiri lumayan was was ternyata ok,.saya bisa melewatinya sendiri. Di sekitar bendungan Pejengkolan itu tempatnya bersih dan terawat. Seperti tidak ada sampah sedikitpun. Jadi kayak asri gitu. Semoga kebersihan selalu terjaga.

Asyik Untuk Bersepeda dan Jalan Sehat

Karena masih asri dan jalan yang naik turun tapi sudah beraspal jadi sepertinya cocok untuk bersepeda atau jalan sehat. Untuk bersepeda butuh sepeda yang sudah ada pengaturan giginya jadi mempermudah saat bersepeda. Rombongan pesepeda di desa kami pernah bersepeda rombongan melewati jalur dari arah Prembun, tidak semua sepeda ada pengaturan giginya ada anak, dewasa dan tidak sedikit juga lansianya, semuanya bisa sampai lokasi dengan mudah katanya. Besok ingin ke bendungan Pejengkolan dan Jembangan lagi.

Sarana Belajar


Melihat air dibuka, luasnya air dan kokohnya bendungan bisa menjadi sarana edukasi untuk anak, ada listrik tenaga air, konsep pembangunan bendungan dan juga konsep IPA yang berkaitan dengan air. Anak pasti senang belajar secara langsung di bendungan Pejengkolan ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar