Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 12 November 2023

Kue Puthu Bambu, Jajanan Khas Legendaris

Kalian tahu kue puthu ? Puthu adalah salah satu jenis makanan tradisional dari Jawa Tengah. 
Dulu pertama kali tahu makanan ini waktu kuliah di Solo, saat petang ada penjual makanan ini. Sekali dua kali masih penasaran, akhirnya terjawab juga kekepoan terhadap makanan ini namanya adalah puthu bambu.

Jajanan Legendaris
Makanan ini adalah makanan legendaris, mengapa? Sudah ada sejak dahulu Simbah Simbah kita kecil. Cuma berbeda nama mungkin ya. Nama puthu bagi saya bisa bermakna jenis makanan banyak sekali, tapi jika ditambah puthu bambu barulah langsung mengarah ke makanan ini.

Bahan
Bahan pokok puthu bambu adalah tepung beras, kelapa, dan garam dan gula Jawa. Bahan simple tapi menghasilkan rasa tidak simple. Perpaduan gurih & manis, . Gurihnya dari paruran kelapa, dan manisnya dari gula Jawa, di makan hangat jadi tambah maknyus.

Cara Pembuatan
Cara pembuatan inilah yang membuat khas makanan ini, yaitu dikukus dengan batang bambu, bahan adonan dimasukkan ke dalam cetakan bambu bulat, dan diberi irisan gula Jawa Kukusannya dibuat dengan lubang lubang kecil dan cetakan bambu tadi diletakkan di atas lubang kukusan. Di kukus kurang lebih 5 menit untuk mematangkan puthu bambu.

Puthu bambu sejenis bahannya dengan makanan
Wingko babat
Sagon
Sengkulun
Bahan semuanya sama yang membedakan adalah cara memasaknya dan proses pembuatannya.

Bunyinya khas
Para penjual puthu bambu, mengundang pelanggan dengan suara kukusan, nguuuuuuung, suara ini lah yang bertahun-tahun membuatku kepo, Suara apakah itu, seperti suara bukan penjual makanan jika pertama kali tahu 

Rasanya Khas
Menikmati petang dan hangatnya puthu bambu adalah perpaduan yang pas, gurih manisnya heeeeem enak,  puthu ayu lebih ke khas rasa parutan kelapa asli.

Jual Sore/Malam Hari
Mengapa penjual puthu ayu kebanyakan jualnya itu sore atau malam hari ? Seperti sudah turun temurun apa ya, menikmati puthu enak itu di petang ataupun malan 

Harga Terjangkau
Harga satu porsi puthu ayu 10K jika satuan harganya kurang lebih 2 ribuan.

Saya pertama kali tahu makanan ini itu di solo, dan beberapa hari lalu saya menukan penjual putuhu ayu di dekat alun-alun Kutoarjo, sebelah Utara masjid agung Kutoarjo, penjualnya mas-mas masih muda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar