Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Senin, 27 November 2023

Masjid Al-Muhibbah Tegal Mulyo, Bantul, Jogjakarta


Sekarang saya jadi punya hobi baru ketika bepergian, apa itu ? Sholat di masjid yang bagus-bagus, dimana pun itu. Dan jadi bahan pengalaman untuk ditulis, siapa tahu ada yang membutuhkan.

Kali ini saya berkepentingan ke Jogja dan menyempatkan sholat duhur di Jogja. Sholat di masjid mana ?

Masjid Al-Muhibbah


Nama Masjid Al-Muhibbah terbaca jelas di tulisan depan masjid yang terbuat dari akrilik. Al-Muhibbah artinya cinta, disegani, berwibawa.

Lokasi 

Masjid Al-Muhibbah terletak di Jalan Wonocatur No. 429 Tegalmulyo, Bantul.
Saya hilang arah alias bingung saat sholat di sini, arah kiblat menurut saya itu menghadap timur. Hal biasa saat bepergian lumayan jauh. Nanti juga batul lagi arahnya.

Pintu Masuk


Pintu masuk masjid bentuknya seperti pintu rumah dengan jendela kaca dan pintu tertutup. Ada anak tangga di pintu masuk. Dari luar memang terlihat tinggi masjidnya. Di bagian tengah anak tangga dan kanan kiri tangga ada tangga ramah disabilitas bisa dinaiki kursi roda.

Artistik


Bagian depan masjid ada ornamen kayu atau warna kayu, jadi ada kesan klasik modern di masjid Al Muhibbah. Bagian atapnya model kekinian berusuk kayu tetapi tetap tembus pandang, jadi terlihat cerah.

Parkir Under Ground


Masjid dari luar terkesan tinggi dibanding jalan, ternyata di sebelah samping ada parkiran bawah tanah. Bisa dipakai untuk memarkir kendaraan jika di atas penuh. Konsepnya keren. Di sebelahnya persis ada kamar mandi dan gudang


Dalam Masjid Sejuk


Bagian dalam masjid terpisah antara jamaah putra dan putri. Ini adalah lantai, terlihat tiang-tiang dalam masjid yang kokoh, dan kipas angin di setiap tiang. Nuansanya sejuk dan anyes.

Tempat Jamaah Putri


Ruang ini di lantai 1 khusus untuk tempat sholat putri, seperempat bagian dari masjid lantai 1, ada pembatas dengan jamaah putra jadi jamaah terpisah.

Tangga Menuju Lantai 2


Tangga menuju lantai 2 untuk jamaah putri, tangganya ada 2 dan sepertinya tempat ini sering diadakan untuk pertemuan-pertemuan, di lihat dengan adanya meja dan karpet.

Toilet Khusus Putri


Tempat wudhu dan kamar mandi khusus putri ada di dalam, jadi privasi benar-benar terjaga, kamar mandinya bersih, ada 3 kran dan gantungan-gantungan baju.

Saat saya datang kesini masjid ini sepi, tidak ada pengunjung lain. Masjidnya bersih dan sepertinya ada takmirnya karena saya lihat ada bapak-bapak yang bersih-bersih masjid ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar