Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Jumat, 03 November 2023

Shalat Magrib di Masjid Agung Kutoarjo

Entah keberapa kalinya saya shalat di Masjid Kauman Kutoarjo ini. Rasanya seperti sering shalat di sini, biasanya saya shalat Magrib di Masjid ini jika pas periksakan anak ke dokter Anak Kutoarjo yaitu dokter Sulis, sambil menunggu antrian makan shalat Magrib dan duduk-duduk di Masjid.

Nama Masjid

Masjid ini bernama masjid Al-Izhaar Kutoarjo, atau biasa disebut dengan masjid agung Kutoarjo atau ada juga yang menyebut masjid Kauman Kutoarjo karena berada di daerah Kauman Kutoarjo.

Bangunan Bersejarah dengan Arsitek Klasik

Menurut sumber yang saya baca Masjid Agung Al-Izhaar dibangun sejak era kolonial Belanda, tepatnya 16 September 1887 di atas wakaf KH. Kastubi, yang dulunya seorang penghulu di Kabupaten semawung, nama Kutoarjo jaman dahulu. Dari bangunannya pun ada sisi historisnya, bentuknya klasik, dan masjid ini dimasukkan ke dalam benda cagar budaya tidak bergerak dengan nomor inventaris 11-06/Pwr/TB/27

Lokasi Strategis

Masjid berlokasi di sebelah barat alun-alun Kutoarjo. Hampir disetiap alun-alun itu selalu ada masjid besarnya. Masjid ini menjadi masjid yang banyak dikunjungi warga atau orang yang melewati dan memasuki waktu sholat. Berada di dekat jalan raya Kebumen-Jogja yang dilewati bis, trus dan kendaraan besar lainnya menjadi nilai plus masjid ini. 

Masjidnya Luas

Masjid ini luas, bisa menampung kurang lebih 1000 jamaah dalam waktu bersamaan. Ada 2 bagian di masjid ini, bagian utama dan bagian serambi, serambi masjid ada di sebelah depan dan kanan kiri masjid. Luas serambi hampir sama dengan luas bagian utama masjid.

Masjidnya Bersih

Nilai plus lagi dari masjid ini adalah kebersihannya. Hampir disetiap sisinya itu bersih. Sampai lantai parkirannya pun bersih sekali. Jika turun untuk sholat saya sekarang tidak pernah memakai sandal karena lantainya yang sudah bersih, selain itu beberapa kali sandal tertinggal. Jadi sekarang kalo turun jarang pakai sandal. Serambi-serambinya pun bersih tanpa ada jejak kaki sama sekali. Kinclong clong lantainya. Ada beberapa yang terlihat kotor setelah saya amati ternyata memang tekstur lantainya yang kurang baik.

Kamar Mandi Luas dan Bersih

Ciri khas masjid saat ini adalah ada genangan air di depan pintu masuk tempat wudhu, sama seperti di Masjid Agus Kutoarjo ini ketika masuk melewati air genangan dulu yang fungsinya membersihkan kotoran di kaki, jadi saat masuk masjid benar-benar kaki pengunjung bersih dan bebas najis.

Kamar mandi berada di dalam tempat wudhu, ada kurang lebih 10 kamar mandi, dan sepuluh tempat wudhu, termasuk luas menurut saya, jadi tidak perlu mengantri panjang untuk wudhu di masjid ini. 

Di area kamar mandi ini , terlihat suasana klasik, bangunan dan furniture bernuansa klasik. Tidak heran jika masjid ini dibangun sejak era kolonial Belanda.

Mukena Bersih dan Jumlahnya Banyak

Saya sholat di sini tidak pernah membawa mukena, selalu menggunakan mukena di masjid ini , karena mukenanya banyak dan bersih, jarang mencium bau kurang sedap di mukena. Mungkin banyak ora yang bersedekah mukena di masjid ini, bismillah suatu saat saya bisa juga.aamiin.

Parkirnya Luas

Sering-seringnya saya Shalat Magrib di masjid ini, waktu yang tidak begitu panjang, jadi ketika waktu shalat Magrib tiba masjid ini selalu penuh dengan pengunjung dan hampir sebagian besar menggunakan kendaraan roda 4. Meskipun begitu, halaman Masjid masih bisa menampung karena luasnya lahan parkir di depan masjid ini. 

Penjual Cilok 

Saat Sholat Magrib di sini hampir selalu ada pedagang cilok berderet-deret di halaman serambi masjid sebelah selatan. Para penjualnya sedang sholat, dan selesai sholat mereka kembali berdagang di area sekitar alun-alun Kutoarjo. Ciloknya enak, harganya @500K.

Langsung Main Ke Alun-Alun

Selesai sholat bisa sejenak mampir ke alun-alun Kutoarjo, melihat indahnya pemandangan dan kerennya alun-alun Kutoarjo saat ini yang memang di desain untuk para pejalan kaki.

Banyak Kuliner

Di sekitar masjid banyak kuliner-kuliner enak dan jajajan aneka rasa yang wajib kalian coba.

Ada Taman dan Air Mancur


Di masjid ini ada taman ada air mancur di sebelah selatan dekat dengan menara adzan, saat pembuatannya pun saya masih ingat, sekarang sudah keren, waktu anak masih kecil jika ke masjid ini wajib lihat air mancur dengan jarak dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar