Search (cari)

Follow Us @soratemplates

Minggu, 17 April 2022

Bertanam, Hobi Murah yang Bermanfaat Untuk Rumah dan Lingkungan

Bicara tentang hobi tidak ada habisnya, namanya juga hobi, orang lain bakal mikir ini itu, yang menjalankan asyik asyik aja, begitupun dengan diri kita, lihat orang lain menekuni ini itu, kita mikir kok bisa ya, kok mau ya, ya namanya juga hobi, ada juga yang saking hobinya jadi kaya fanatik, segalanya dikorbankan demi hobi, kalo bahasa sekarang demi menjaga kewarasan salah satunya dengan menjalankan hobi, namanya hobi pasti hal yang di sukai, tapi jangan sampai hobi yang kita sukai merugikan orang lain dan keluarga atau hal yang lebih penting, saya yakin tidak ada yang begitu, iya kaaan ?

Hobi saya umum-umum saja, tidak fanatik, banyak jamaahnya umumnya ibu-ibu, ada yang bisa tebak ?
Ya betul bertanam.
Menanam bunga, bunga seadanya tidak harus bunga mahal, dan memilih yang perawatannya mudah.

Mari hijaukan rumah dari sekarang !
Bukan hanya hutan yang dihijaukan, lingkungan terdekat kita dulu yaitu rumah, lanjut ke lingkungan RT, Desa, tempat kerja dll, kalo yang dekat saja ga dipikir, apalagi mikir hijaunya hutan hadeeew kagak mungkin.

Mengapa suka bunga ?
Menurut kalian ada pengaruh tidak antara hobi orang tua terhadap hobi anaknya?bisa dijadikan penelitian nih.
Ibu saya hobi menanam bunga sejak saya masih kecil, jadi setiap hari saya melihat ibu merawat bunga, setelah saya dewasa hobi itupun muncul, entah mengapa lihat bunga rasanya adem.

Bunga apa yang disukai?
Bunga apapun bagus, tapi menanam di rumah perlu disesuaikan dengan cuaca daerah itu, kondisi rumah, penanaman di pot atau tabah, pencahayaan rumah, posisi bunga kehujanan atau tidak.

Tidak setiap bunga cocok di tanam di rumah si A, tapi bisa jadi tidak cocok di rumah si B, tergantung hal-hal yang saya sebutkan di atas tadi.

Ini yang terjadi di rumah saya, rumah menghadap ke barat dan tidak punya teras yang luas, semua tanaman di tanam di pot, jika pagi tidak terkena cahaya matahari, tapi kalo siang sampai sore terkena panasnya matahari sore, karena kondisi inilah saya tidak mempunyai tanaman berbunga, karena tanaman berbunga akan berbunga jika terkena sinar matahari langsung, hampir semua tanaman saya tidak berbunga, hanya dedaunan.

Lokasinya taman rumah luas ya?
Ooh tidak, saya tidak punya halaman luas, sangat sempit, pinggir jalan raya, tidak punya lahan tanah sama sekali, Alhamdulillah, meskipun begitu saya masih bisa bertanam di rumah, dengan berbagai ide supaya tetap punya tanaman.

Perawatannya bagaimana?
Kalo dedaunan lebih mudah perawatannya dibanding bebungaan kalo menurut saya, saya jarang perawatan macem2, cuma di siram aja, kadang sampai layu kaya mau mati, di siram hidup lagi, gitu aja terus.hahaha.
Kalo lagi mau dan sempat lakukan bongkar pasang tanaman.
Baca juga 

Mana koleksinya?
Lokasi ini di teras rumah yang menghadap barat, tidak terkena hujan langsung, tapi kalau hujan deres, kecipratan air hujan juga.

Ini di depan rumah, jalan kecil menuju luar, sempit sebetulnya, tetep aja di kasih hijau hijauan

Ini di teras juga, tidak terkena matahari sama sekali, lihat tanamannya jenisnya itu-itu saja, tanaman anti mati.

Ini di dalam rumah, atasnya atap tembus cahaya, tanaman tumbuhnya lama tapi ya bertahan hidup lama, gimana ya pokoknya hidup aja tanaman.

Ini bagian atasnya, pakai bahan tembus cahaya

Kalo ini di samping rumah, dan terkena cahaya langsung, ini satu2nya tempat bunga di rumah yang terkena sinar matahari langsung.

Kelemahan kelebihan hobi bertanam?
Kelemahan 
Kalo pas males atau sibuk, tanaman kaya mau mati semua, jelek jelek, apalagi pas murim kering,haduuuu layu semua, pada mati

Kelebihan
Rumah kelihatan asri, adem
Kemana-mana lihat dedaunan cantik kepengen mbibit untuk di rumah.

Baca juga




Tidak ada komentar:

Posting Komentar